Darmin Fokus Saja Urus 10 Paket Kebijakan Ekonomi

Rabu, 17 Februari 2016 00:00

fraksidemokrat.org—Jakarta. Menteri Perekonomian Darmin Nasution lebih baik fokus memastikan efektitas 10 paket kebijakan ekonomi yang sudah dikeluarkan dalam 6 bulan terakhir. ‘’Ketimbang mencari-cari kesalahan pemerintah terdahulu, seperti menyebutkan keterlambatan SBY mengenforce UU Minerba sebagai penyebab keterlambatan ekonomi saat ini. Itu malah tidak relevan dan menimbulkan kegaduhan yang tidak perlu,’’ kata Marwan Cik Asan, anggota Komisi XI DPR RI dari FPD (17/02/2016).

Menurut Marwan, pernyataan Darmin yang menyayangkan kinerja pemerintahan SBY, justru tidak sejalan dengan arahan Presiden Jokowi yang mengharapkan suasana kondusif agar dapat fokus membangun Indonesia. ‘’Hindarilah pernyataan yang kontraproduktif seperti itu. Lebih baik fokus pada agenda yang sudah dibuat, realisasikan,’’ tambah Marwan.

Dikatakan, Menteri Darmin harus memastikan sejauh mana paket-paket tersebut efektif mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Pertumbuhan ekonomi perlu kita dorong bersama untuk mengurangi kemiskinan dan menurunkan angka penganguran.  

Data BPS terkini menyatakan pertumbuhan ekonomi nasional 2015 hanya 4,76%, dari target APBN 2015 5,7%. Kemiskinan bertambah 780 ribu jiwa (per September 2014-September 2015)  dan pengangguran  bertambah 320 ribu orang (Agustus 2014-2015).

‘’Jangan lupa juga, GNI ratio mencapai 0.47 untuk perkotaan semakin menunjukan ketimpang. Tanpa program pembagunan yang efektif angka-angka indikator makro ekonomi tersbut akan terus memburuk di tahun 2016 ini,’’ kata Marwan lagi. (***) 

 

 

Berita Lainnya

Nasional

Wakil Ketua MPR RI: Pemerintah Harus Fasilitasi UMKM agar Berdaya Saing

Nasional

Suntikan Modal Tak Jelas, Elit Demokrat Dorong Audit Seluruh BUMN

Nasional

Demokrat: Pemberantasan Korupsi dalam 2 Tahun Pemerintahan Jokowi Mati Suri, Lembek ke Koruptor

Nasional

Dede Yusuf: LADI Bermasalah Sejak 2017, Akan Jadi Catatan Khusus dalam Revisi UU SKN

Nasional

Reses, Anggota DPR RI Fraksi Demokrat Sartono Hutomo Bagi Sembako, Alsintan dan Terop

Nasional

Debby Kurniawan : Trofi Thomas Cup Jadi Momen Kebangkitan Bulu Tangkis Indonesia

Nasional

Komisi III DPR: Kapolri Tidak Boleh Diam, Tegur dan Pecat Anak Buahnya yang Ancam Warganet

Nasional

Petani Menjerit, Legislator Demokrat Soroti Meroketnya Harga Pupuk

Berita: Nasional - Wakil Ketua MPR RI: Pemerintah Harus Fasilitasi UMKM agar Berdaya Saing •  Nasional - Suntikan Modal Tak Jelas, Elit Demokrat Dorong Audit Seluruh BUMN •  Nasional - Demokrat: Pemberantasan Korupsi dalam 2 Tahun Pemerintahan Jokowi Mati Suri, Lembek ke Koruptor •  Nasional - Dede Yusuf: LADI Bermasalah Sejak 2017, Akan Jadi Catatan Khusus dalam Revisi UU SKN •  Nasional - Reses, Anggota DPR RI Fraksi Demokrat Sartono Hutomo Bagi Sembako, Alsintan dan Terop •  Nasional - Debby Kurniawan : Trofi Thomas Cup Jadi Momen Kebangkitan Bulu Tangkis Indonesia •  Nasional - Komisi III DPR: Kapolri Tidak Boleh Diam, Tegur dan Pecat Anak Buahnya yang Ancam Warganet •  Nasional - Petani Menjerit, Legislator Demokrat Soroti Meroketnya Harga Pupuk •