COVID-19 Melonjak, Pemerintah Diminta Jamin Ketersedian Oksigen Medis

Senin, 05 Juli 2021 17:28

bapak zul

Melonjaknya kasus COVID-19 di Indonesia bukan hanya membuat rumah sakit dan tempat isolasi pasien COVID-19 penuh. Namun, banyak juga di daerah yang mengeluhkan kesulitan mendapatkan oksigen.

Terkait hal ini, Anggota Komisi VII DPR Fraksi Demokrat Zulfikar Hamonangan meminta pemerintah menjamin ketersedian oksigen medis. Apalagi, saat ini permintaan oksigen medis melonjak hingga 200 persen.

"Ketersediaan oksigen perlu dialihkan jauh lebih besar dari alokasi industri untuk keperluan medis," kata Zulfikar dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 3 Juli 2021.

Zulfikar menyebutkan sebelumnya rasio peruntukan oksigen untuk industri dialokasikan sebesar 60 persen dan untuk oksigen medis dialokasikan 40 persen. Saat ini, Kementerian Perindustrian merubah rasio penggunaan oksigen 60:40 antara kebutuhan medis dan kebutuhan industri.

"Fakta di lapangan, masyarakat kesulitan mendapatkan oksigen medis," katanya.

Zulfikar juga meminta Kementerian Perindustrian melaksanakan koordinasi lintas Kementerian dan Lembaga, antara lain Kementerian Kesehatan dan juga Pemerintah Provinsi serta Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.

Adapun Kementerian Perindustrian menjamin distribusi di lapangan tidak akan terganggu. Hal ini juga senada dengan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang 'dinahkodai' Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Lewat PPKM Darurat, Luhut menginstruksikan agar Menteri Perindustrian Agus Gumiwang mengalokasikan 90 persen produksi oksigen di tanah air untuk keperluan medis.

 

Berita Lainnya

Nasional

Wakil Ketua MPR RI: Pemerintah Harus Fasilitasi UMKM agar Berdaya Saing

Nasional

Suntikan Modal Tak Jelas, Elit Demokrat Dorong Audit Seluruh BUMN

Nasional

Demokrat: Pemberantasan Korupsi dalam 2 Tahun Pemerintahan Jokowi Mati Suri, Lembek ke Koruptor

Nasional

Dede Yusuf: LADI Bermasalah Sejak 2017, Akan Jadi Catatan Khusus dalam Revisi UU SKN

Nasional

Reses, Anggota DPR RI Fraksi Demokrat Sartono Hutomo Bagi Sembako, Alsintan dan Terop

Nasional

Debby Kurniawan : Trofi Thomas Cup Jadi Momen Kebangkitan Bulu Tangkis Indonesia

Nasional

Komisi III DPR: Kapolri Tidak Boleh Diam, Tegur dan Pecat Anak Buahnya yang Ancam Warganet

Nasional

Petani Menjerit, Legislator Demokrat Soroti Meroketnya Harga Pupuk

Berita: Nasional - Wakil Ketua MPR RI: Pemerintah Harus Fasilitasi UMKM agar Berdaya Saing •  Nasional - Suntikan Modal Tak Jelas, Elit Demokrat Dorong Audit Seluruh BUMN •  Nasional - Demokrat: Pemberantasan Korupsi dalam 2 Tahun Pemerintahan Jokowi Mati Suri, Lembek ke Koruptor •  Nasional - Dede Yusuf: LADI Bermasalah Sejak 2017, Akan Jadi Catatan Khusus dalam Revisi UU SKN •  Nasional - Reses, Anggota DPR RI Fraksi Demokrat Sartono Hutomo Bagi Sembako, Alsintan dan Terop •  Nasional - Debby Kurniawan : Trofi Thomas Cup Jadi Momen Kebangkitan Bulu Tangkis Indonesia •  Nasional - Komisi III DPR: Kapolri Tidak Boleh Diam, Tegur dan Pecat Anak Buahnya yang Ancam Warganet •  Nasional - Petani Menjerit, Legislator Demokrat Soroti Meroketnya Harga Pupuk •