China Minta Indonesia Hentikan Pengeboran Minyak di Natuna, Legislator Desak Pemerintah Bersikap Tegas

Sabtu, 04 Desember 2021 08:22

Anggota Komisi VII DPR RI Sartono Hutomo mendorong sikap tegas pemerintah merespons Pemerintah China menuntut Indonesia menghentikan kegiatan pengeboran minyak dan gas alam di wilayah maritim Kepulauan Natuna.

“Sebagai Wakil Rakyat saya mendorong sikap tegas Pemerintah, karena ini terkait 2 hal sekaligus. Pertama kedaulatan negara dan kedua terkait kedaulatan energi,” tegas Sartono, Kamis, (2/12/2021).

Sartono menegaskan, dua hal tersebut tidak bisa dinegosiasikan. Sartono menegaskan, dua hal tersebut harus dapat dipertahankan.

PAK SARTONO

“Dua hal tersebut tidak untuk dinegosiasilan tetapi dipertahakankan,” papar Kepala Bidang Perekonomian DPP Partai Demokrat (PD) ini.

Sartono menambahkan, ketegasan Pemerintah Indonesia  terhadap China harusnya dapat menjadi momentum.
Sartono menambahkan, hal itu lantaran  Indonesia selama setahun ke depan akan menjadi Presidensi G20.

“Sehingga perlu menegaskan sikap terkait batas negara di forum tersebut,” pungkas Sartono.

Diketahui, Pemerintah China menuntut Indonesia untuk dapat menghentikan kegiatan pengeboran minyak dan gas alam di wilayah maritim Kepulauan Natuna.

Penolakan Pemerintah China itu  disampaikan dalam nota diplomatik dengan alasan, Indonesia melakukan pengeboran di wilayah yang diklaim Beijing sebagai bagian dari hak bersejarahnya.

Nota protes China sudah dikirim sejak beberapa bulan lalu, saat kapal penelitiannya melintasi bagian Laut China Selatan yang menurut Indonesia adalah bagian dari zona ekonomi eksklusifnya di lepas pantai Kepulauan Natuna.

Laporan: Muhammad Hafidh
 
( sumber : kedaipena.com )

Berita Lainnya

Nasional

Bupati Penajam Paser Utara Kena OTT, Demokrat Tak Toleransi Tindakan Koruptif

Nasional

Legislator Apresiasi Langkah Kepolisian Tangkap Pelaku Penendang Sesajen

Nasional

Target Sejahterakan Rakyat, Legislator Demokrat Beber Keuntungan Operasi Damai Cartenz 2022 di Papua

Nasional

Anggota DPR Dukung Pemerintah Usut Tuntas Kasus Satelit Kemhan: Harus Berani!

Nasional

PD Singgung Sosok SBY soal Pembahasan RUU IKN: Harus Hati-hati

Nasional

Sartono Hutomo Prihatin Indonesia Melimpah Batubara Tapi Hanya Punya Cadangan Seminggu

Nasional

Sejumlah Distrik Diterjang Banjir, William Wandik: Layak Penguatan Mitigasi Bencana

Nasional

Pesan PD ke Ferdinand soal Penahanan: Itu Konsekuensi, Tak Bisa Dihindari

Berita: Nasional - Bupati Penajam Paser Utara Kena OTT, Demokrat Tak Toleransi Tindakan Koruptif •  Nasional - Legislator Apresiasi Langkah Kepolisian Tangkap Pelaku Penendang Sesajen •  Nasional - Target Sejahterakan Rakyat, Legislator Demokrat Beber Keuntungan Operasi Damai Cartenz 2022 di Papua •  Nasional - Anggota DPR Dukung Pemerintah Usut Tuntas Kasus Satelit Kemhan: Harus Berani! •  Nasional - PD Singgung Sosok SBY soal Pembahasan RUU IKN: Harus Hati-hati •  Nasional - Sartono Hutomo Prihatin Indonesia Melimpah Batubara Tapi Hanya Punya Cadangan Seminggu •  Nasional - Sejumlah Distrik Diterjang Banjir, William Wandik: Layak Penguatan Mitigasi Bencana •  Nasional - Pesan PD ke Ferdinand soal Penahanan: Itu Konsekuensi, Tak Bisa Dihindari •