BPOM Sosialisasi KIE Obat dan Makanan di Kecamatan Tabir

Senin, 21 Juni 2021 11:21

ZA -1

Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) kembali menggelar sosialisasi. Kali ini BPOM melakukan sosialisasi terhadap masyarakat Kecamatan Tabir, Kabupaten Merangin.

Sosialisasi yang menggandeng Anggota Komisi IX DPR RI H Zulfikar Achmad (ZA) sebagai pemateri itu digelar di gedung Serbaguna Desa Lubuk Napal, Kecamatan Tabir, Kabupaten Merangin, Sabtu(19-06-2021).

Hadir dalam acara itu, Kepala BPOM Provinsi Jambi, Ahmad Rafki, S. Si, A. Pt,  M.KM. Camat Tabir Talaludin, S.Pd, KepalaDesa(Kades) Lubuk Napal, Syahroni, tokoh masyarakat dan warga setempat.

Dalam sosialisasi dengan tema "Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Komunikasi Informasi dan Edukasi Tentang Obat dan Makanan

Bersama Anggota Komisi IX DPR RI H Zulfikar Achmad tersebut, Kepala BPOM Provinsi Jambi, Ahmad Raffi, banyak memberikan pengetahuan tentang obat dan makanan kepada masyarakat.

Terutama soal obat dan makanan yang layak dengan yang tidak layak dikonsumsi.  Diantaranya, Ahmad Raffi mengungkapkan jangan sampai asal konsumsi obat.

"Sebelum konsumsi harus cek terlebih dahulu. Yaitu cek kemasan rusak atau tidak, cek label, cek izin edar dan kadaluarsa. Kalau dicek akan ketahuan aman atau tidak," ujar Ahmad Rafki.

"Bahkan bagi yang punya HP android sekarang bisa dicek di HP android," sambungnya.

Anggota Komisi IX DPR RI H Zulfikar Achmad saat menyampaikan materi juga banyak memberikan pemahaman kepada warga terkait produk-produk obat dan makanan yang berbahaya.

Bahkan mantan Bupati Bungo dua periode itu juga membawa serta menunjukkan contoh-contoh obat -obatan, jamu, kosmetik dan berbagai jenis makanan yang berhasil disita karena berbahaya.

Bahkan, kata ZA obat jamu, kosmetik tersebut sangat banyak ditemukan dan dijual bebas di tengah masyarakat. "Jadi dicek betul, jangan sampai salah beli dan salah makan. Barang-barang yang saya bawa ini sangat berbahaya," ujar ZA.

Camat Tabir, Talaludin, S.Pd mengungkapkan terima kasih atas kunjungan ZA. Katanya, ZA yang membawa program BPOM ke tengah masyarakat Kecamatan Tabir adalah bentuk perhatian dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat setempat.

Oleh karena itu dia mendoakan agar ZA dan keluarga selalu diberikan kesehatan, supaya bisa selalu berbuat untuk masyarakat.

Hal senada juga diungkapkan oleh KadesLubuk Napal, Syahroni. Mewakili pemerintahan desa dan masyarakat, dia sangat berterima kasih kepada ZA dan BPOM yang sudah menggelar sosialisasi di Desa Lubuk Napal.

Meski dihadiri oleh cukup banyak warga, namun acara berjalan dengan protokol kesehatan secara ketat. Semua yang hadir memakai masker, jaga jarak, menghindari salaman dan panitia menyediakan tempat mencuci tangan.(slt)

Berita Lainnya

Nasional

Wakil Ketua MPR RI: Pemerintah Harus Fasilitasi UMKM agar Berdaya Saing

Nasional

Suntikan Modal Tak Jelas, Elit Demokrat Dorong Audit Seluruh BUMN

Nasional

Demokrat: Pemberantasan Korupsi dalam 2 Tahun Pemerintahan Jokowi Mati Suri, Lembek ke Koruptor

Nasional

Dede Yusuf: LADI Bermasalah Sejak 2017, Akan Jadi Catatan Khusus dalam Revisi UU SKN

Nasional

Reses, Anggota DPR RI Fraksi Demokrat Sartono Hutomo Bagi Sembako, Alsintan dan Terop

Nasional

Debby Kurniawan : Trofi Thomas Cup Jadi Momen Kebangkitan Bulu Tangkis Indonesia

Nasional

Komisi III DPR: Kapolri Tidak Boleh Diam, Tegur dan Pecat Anak Buahnya yang Ancam Warganet

Nasional

Petani Menjerit, Legislator Demokrat Soroti Meroketnya Harga Pupuk

Berita: Nasional - Wakil Ketua MPR RI: Pemerintah Harus Fasilitasi UMKM agar Berdaya Saing •  Nasional - Suntikan Modal Tak Jelas, Elit Demokrat Dorong Audit Seluruh BUMN •  Nasional - Demokrat: Pemberantasan Korupsi dalam 2 Tahun Pemerintahan Jokowi Mati Suri, Lembek ke Koruptor •  Nasional - Dede Yusuf: LADI Bermasalah Sejak 2017, Akan Jadi Catatan Khusus dalam Revisi UU SKN •  Nasional - Reses, Anggota DPR RI Fraksi Demokrat Sartono Hutomo Bagi Sembako, Alsintan dan Terop •  Nasional - Debby Kurniawan : Trofi Thomas Cup Jadi Momen Kebangkitan Bulu Tangkis Indonesia •  Nasional - Komisi III DPR: Kapolri Tidak Boleh Diam, Tegur dan Pecat Anak Buahnya yang Ancam Warganet •  Nasional - Petani Menjerit, Legislator Demokrat Soroti Meroketnya Harga Pupuk •