BPKH RI, DT Peduli NTB, dan DPR RI Resmikan Program Ruang Kelas Baru

Selasa, 05 Juli 2022 10:22

pak nanang s (2)

Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) Republik Indonesia bersama Daarut Tauhid (DT) Peduli NTB gelar Seremonial Peresmian Pembangunan Ruang Kelas Baru di beberapa pondok pesantren (ponpes) di Nusa Tenggara Barat.

Kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari yaitu pada tanggal 27 hingga 29 Juni 2022.

Beberapa ponpes tersebut adalah Ponpes Darul Ash Shiddiqin Jerowaru, Ponpes Nurul Ikhlas NW Sajang, di Lombok Timur, Ponpes Ashabul Yamin NW Sukamulia, Ponpes Asholihiyah, Ponpes Darul Iman NW Karang Baru, dan Ponpes Al Fatih di Lombok Tengah.

Acara ini dihadiri secara virtual oleh Kepala Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) Republik Indonesia.

Dalam hal ini diwakili oleh Anggota Badan Pelaksana Bidang Keseketariatan & Kemaslahatan yaitu Dr Rahmat Hidayat.

Hadir pula Kepala Divisi Monitoring dan Evaluasi Program Kemaslahatan BPKH, Indriayu Afriani.

Sementara itu, hadir secara offline anggota Komisi VIII DPR RI Dr Ir H Nanang Samoedra, General manager Region 5 Nurihsan Bashori ST dan DT Peduli Nusa Tenggara Barat (NTB), Ragil Hidayat.

Dalam acara tersebut, anggota pelaksana BPKH Bidang Kesekretariatan Badan dan Kemaslahatan, Rahmat Hidayat menuturkan, program ini merupakan amanat Undang-undang 34, di mana tugas BPKH mengelola dana haji.

Setoran awal dikelola oleh BPKH, dioptimalisasi sepenuhnya kembali kepada jamaah haji baik yang berangkat maupun yang menunggu.

Setoran awal ini berbentuk virtual account yang saat ini bernilai sekitar Rp147 triliun.

Kemudian DAU saat ini bernilai sekitar Rp3,67 triliun yang optimalisasi oleh BPKH, hasilnya diprogramkan dalam bentuk kemaslahatan.

“Jadi, program kemaslahatan ini sama sekali tidak mengambil dari setoran awal jamaah haji, dan juga tidak mengambil dari dana DAU yang pokok. Keduanya itu tetap utuh dan terus tumbuh," jelas Rahmat Hidayat

Rahmat menambahkan, untuk yang dimanfaatkan adalah hasilnya atau keuntungannya.

Hal ini penting untuk disampaikan kepada masyarakat karena dana haji aman dan dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Sebagai perwakilan BKPH ia berpesan, kepada seluruh penerima manfaat agar bantuan yang diberikan bisa digunakan dengan sebaik mungkin dan bisa memberikan manfaat dalam jangka panjang.

"Saya berharap BPKH di masa yang akan datang terus dapat memberikan kebermanfaatan kepada masyarakat secara luas," terangnya.

Sementara itu, Anggota Komisi VIII DPR RI, Dr Ir H Nanang Samoedra menyampaikan, kepada para penerima manfaat bantuan ini harus bisa bersyukur karena sudah lolos dari sekian pengajuan untuk penyaluran dana ini.

"Saya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada BPKH karena hak-hak dari masyarakat sudah dibayarkan," imbuh Nanang.

Penghujung rangkaian acara ini diakhiri dengan serah terima bantuan ditandai dengan Pemotongan Pita dan penyerahan Mockup kepada Penerima manfaat.

Dalam hal ini dilakukan oleh anggota Komisi VIII DPR RI Dr Ir H Nanang Samoedra dan General Manager Region 5 Nurihsan Bashori.

( sumber : lombok.tribunnews.com )

Berita Lainnya

Nasional

Harga Terbang ke Papua Jauh Lebih Mahal daripada ke Eropa

Nasional

Komisi I DPR Uji Calon Dubes untuk 13 Negara, Ini Daftar Lengkapnya

Nasional

Legislator Demokrat Dukung Kepala BRIN Diganti: Bikin Karut-Marut

Nasional

Muslim Minta Pusat Masukkan Aceh dalam Target Investasi Nasional Tahun Ini

Nasional

Menpan RB Diminta Jelaskan Maksud Anggaran Kemiskinan Rp500 Triliun Habis untuk Rapat dan Studi Banding

Nasional

Legislator Harap Pertamina Dapat Tingkatkan Kinerja Positif tahun 2022

Nasional

Rizki Natakusumah Dukung Semangat Ratifikasi Konvensi Internasional Pelindungan dari Penghilangan Paksa

Nasional

Kehadiran Badan Pangan Nasional Diharapkan Dapat Atasi Mafia Pangan

Berita: Nasional - Harga Terbang ke Papua Jauh Lebih Mahal daripada ke Eropa •  Nasional - Komisi I DPR Uji Calon Dubes untuk 13 Negara, Ini Daftar Lengkapnya •  Nasional - Legislator Demokrat Dukung Kepala BRIN Diganti: Bikin Karut-Marut •  Nasional - Muslim Minta Pusat Masukkan Aceh dalam Target Investasi Nasional Tahun Ini •  Nasional - Menpan RB Diminta Jelaskan Maksud Anggaran Kemiskinan Rp500 Triliun Habis untuk Rapat dan Studi Banding •  Nasional - Legislator Harap Pertamina Dapat Tingkatkan Kinerja Positif tahun 2022 •  Nasional - Rizki Natakusumah Dukung Semangat Ratifikasi Konvensi Internasional Pelindungan dari Penghilangan Paksa •  Nasional - Kehadiran Badan Pangan Nasional Diharapkan Dapat Atasi Mafia Pangan •