BKSAP Sambut 30 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Slovakia, Pererat Berbagai Kerja Sama

Senin, 22 Agustus 2022 07:08 0

pak putu kerjasama

Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Putu Supadma Rudana menerima kunjungan Duta Besar Republik Slovakia untuk Indonesia Jaroslav Chlebo di Gedung Nusantara III, Senayan, Jakarta, Kamis (18/8/2022). Dalam pertemuan tersebut, Putu menyampaikan ucapan terima kasih atas fasilitasi dan dukungan Kedutaan Slovakia di Jakarta terhadap kunjungan delegasi BKSAP ke Slovakia pada awal Juni lalu.

Selama kunjungan, Delegasi BKSAP sukses mengadakan pertemuan dengan unsur parlemen seperti komite ekonomi dan grup kerja sama bilateral serta unsur pemerintah mulai dari Kementerian Luar Negeri, Kementerian Ekonomi, Kementerian Pertahanan, dan Kementerian Transportasi dan Pariwisata. Putu juga menekankan, pertemuan ini merupakan bagian dari apresiasi untuk menyambut hubungan Indonesia-Slovakia yang akan memasuki usia 30 tahun pada tahun mendatang.

"Saya berharap akan kerja sama antar Indonesia dan Slovakia lebih kuat lagi dan mencakup banyak aspek mulai dari pertahanan, keamanan, energi terbarukan, investasi, perdagangan, dan pariwisata," kata Anggota DPR RI asal Bali tersebut. Kerja sama perdagangan dan pariwisata tentunya menjadi topik bahasan utama dalam pertemuan tersebut mengingat Indonesia dan Slovakia mempunyai potensi pasar yang sangat besar.

"Dalam bidang perdagangan, Indonesia siap menjadi hub bagi komoditas perdagangan Slovakia untuk masuk pasar ASEAN dengan jumlah penduduk lebih dari 600 juta, sebaliknya kita juga berharap agar Slovakia dapat menjadi hub bagi komoditas ekspor Indonesia untuk kawasan Eropa Tengah," ujar politisi Partai Demokrat itu.

Dalam bidang pariwisata, Putu menyatakan siap untuk terus mempromosikan pariwisata Slovakia ke warga Indonesia dan berharap agar Dubes Slovakia juga terus aktif mempromosikan pariwisata Bali dan Indonesia di Slovakia. Putu juga menyampaikan bahwa penguatan kerjasama Indonesia-Slovakia dilakukan melalui berbagai strategi seperti Bilateral Consultation Forum (BCF), Joint Commission Meeting (JCM), Business Round Table Forum (BRT), dan parliament to parliament melalui BKSAP dan Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB).

Pada kesempatan itu, Dubes Slovakia menyampaikan keinginannya agar Slovakia dapat ambil bagian dari rangkaian G20 Parliemantary (P20) Forum di Jakarta. Hal ini penting sebagai bagian dari upaya Slovakia untuk aktif dalam berbagai forum diplomasi antar parlemen. Secara spesifik, isu kerja sama pertahanan juga menjadi topik yang dibicarakan. Indonesia mempunyai ambisi untuk industrialisasi dan modernisasi pertahanan nasional.

Saat yang sama, industri persenjataan Slovakia juga berkembang cukup pesat, sehingga kerja sama pertahanan sangat potensial. Selanjutnya, pertemuan tersebut juga membahas pengembangan e-commerce dan e-government dan potensi kerja sama antar dua negara di bidang tersebut. Slovakia sangat tertarik mempelajari dan melakukan kerja sama bidang e-commerce dengan Indonesia, mengingat Indonesia sendiri merupakan negara dengan jumlah unicorn terbanyak di ASEAN. Putu menyambut baik keinginan Dubes Slovakia itu.

"Kita akan sampaikan potensi kerja sama ini ke pemerintah karena fungsi kita sebagai penjembatan antar berbagai pihak," tandas Putu dalam pertemuan yang ditutup dengan pemberian cenderamata buku berjudul tentang Bali dan wayang oleh Wakil Ketua BKSAP untuk Dubes Slovakia. (ssb/aha) 

( sumber : dpr.go.id )

Berita Lainnya

Nasional

Santoso: F-PD Siap Lakukan Perubahan dan Perbaikan

Nasional

BKSAP DPR Harap Parlemen Uni Eropa Lebih Membuka Diri Kerja Sama dengan Indonesia

Nasional

Pertanyakan Anggaran hingga Sosok Setara Dirjen, Komisi X Tagih Output ‘Tim Bayangan’ Nadiem Makarim

Nasional

Gas Melon Mau Diganti Kompor Induksi, Legislator Demokrat: Bagaimana Nasib Pedagang Kaki Lima?

Nasional

BKSAP DPR Harap Diplomasi Parlemen Dapat Optimalkan Potensi Daerah di Indonesia

Nasional

Ditjen PSLB3 KLHK Didesak Miliki Langkah Terukur Tangani Volume Sampah

Nasional

RUU Kepariwisataan Hadirkan Tata Kelola Baru Pariwisata yang Komprehensif dan Berkelanjutan

Nasional

Anwar Hafid: Sistem dan Sarpras BMKG Harus Ditingkatkan

Berita: Nasional - Santoso: F-PD Siap Lakukan Perubahan dan Perbaikan •  Nasional - BKSAP DPR Harap Parlemen Uni Eropa Lebih Membuka Diri Kerja Sama dengan Indonesia •  Nasional - Pertanyakan Anggaran hingga Sosok Setara Dirjen, Komisi X Tagih Output ‘Tim Bayangan’ Nadiem Makarim •  Nasional - Gas Melon Mau Diganti Kompor Induksi, Legislator Demokrat: Bagaimana Nasib Pedagang Kaki Lima? •  Nasional - BKSAP DPR Harap Diplomasi Parlemen Dapat Optimalkan Potensi Daerah di Indonesia •  Nasional - Ditjen PSLB3 KLHK Didesak Miliki Langkah Terukur Tangani Volume Sampah •  Nasional - RUU Kepariwisataan Hadirkan Tata Kelola Baru Pariwisata yang Komprehensif dan Berkelanjutan •  Nasional - Anwar Hafid: Sistem dan Sarpras BMKG Harus Ditingkatkan •