BKSAP Dorong Implementasi Parlemen yang Responsif terhadap Gender

Jumat, 23 Juni 2023 16:11

putu bkasp

Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI menyelenggarakan Workshop to Develop Recommendations to 44th General Assembly of the ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA). Workshop ini diselenggarakan bekerja sama bekerja sama dengan Westminster Foundation for Democracy di Sentul, Bogor, Jawa Barat, Selasa (20/6/2023).

Wakil Ketua BKSAP DPR RI Putu Supadma Rudana mengatakan tujuan dari workshop ini adalah menjaring masukan dan rekomendasi kebijakan untuk sidang umum AIPA yang akan diselenggarakan pada Agustus tahun 2023 mendatang. Ia menambahkan, dalam keketuaannya dalam AIPA, Indonesia berkomitmen untuk memperjuangkan kawasan Asia Tenggara yang aman, damai, stabil dan sejahtera.

“Indonesia bersama dengan Parlemen se-ASEAN juga berkomitmen untuk mendukung penuh upaya pemulihan pasca pandemi, meningkatkan konektivitas antar negara, integrasi ASEAN dan inklusivitas (gender),” jelas Putu kepada Parlementaria.

Lebih lanjut, Putu menjelaskan isu strategis yang diusung pada Keketuaan Indonesia di AIPA, salah satunya adalah upaya untuk mencapai kesetaraan dalam representasi perempuan. Hal itu termuat dalam proses pembuatan kebijakan dan kepemimpinan di sektor publik. Sehingga, pada tanggal 5 Juni 2023 silam, AIPA telah menyelenggarakan Virtual Meeting of the Coordinating Committee of WAIPA di Padang, Sumatera Barat.

Dalam pertemuan tersebut, lanjut Legislator Demokrat itu,  menghasilkan rekomendasi kebijakan untuk menciptakan lingkungan pembuatan kebijakan, yakni agar parlemen lebih responsif terhadap isu-isu gender dan perlindungan perempuan. Kebijakan yang responsif terhadap isu perempuan, tegasnya, dapat terefleksi dalam proses pembuatan, hasil kebijakan, dan juga terkait penentuan pembiayaan suatu kebijakan.

“Seperti  kita ketahui perjuangan untuk mencapai kesetaraan representasi dan kepemimpinan perempuan dalam politik menghadapi jalan yang panjang dan berliku. Terdapat hambatan-hambatan yang masih dihadapi oleh perempuan dalam menjalankan perannya sebagai perempuan, ibu, dan juga politisi,” kata Politisi Fraksi Partai Demokrat ini.

Selain itu, acara workshop ini juga menghadirkan sebagai Dosen Hubungan Internasional di Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII), Ella Prihatini yang memiliki bidang keahlian di bidang gender dan kepemiluan di Indonesia, juga Presiden Direktur dan CEO dari PT XL Axiata Tbk. Dian Siswarini, dan Perwakilan dari Kementerian Pemberdayaan  Perempuan dan Anak. Dari narasumber tersebut, Putu berharap mendapat masukkan terkait peningkatan peran perempuan dalam politik dan bagaimana menciptakan lingkungan politik yang lebih ramah terhadap perempuan dapat tercipta.

“Dan saya berharap kita dapat berdiskusi secara terbuka dan produktif sehingga berbagai rekomendasi dan gagasan dapat dimunculkan untuk kebijakan AIPA ke depannya,” katanya.

Turut hadir dalam workshop Turut hadir dalam Workshop, Wakil Ketua BKSAP, Gilang Dhielafararez, (F-PDIP) dan Sukamta, (F-PKS) serta delegasi Anggota Perempuan BKSAP, diantaranya; Vanda Sarundajang (F-PDIP), Ina Ammania (F-PDIP), Adriana Charlotte Dondokambey (F-PDIP), Adde Rosi Khoerunnisa, (F-PGolkar), Himmatul Aliyah, (F-Perindra), Arzeti Bilbina (F-PKB), dan Linda Megawati (F-PD). (ria/rdn)

 

( sumber : dpr.go.id )

Berita Lainnya

Nasional

Putu Supadma Rudana: Pentingnya Hubungan Bilateral, Parlemen Indonesia-Armenia Sepakat Saling Dukung Pencapaian SDGs

Nasional

Indonesia Akan Contoh Kesuksesan Industri Pariwisata di Kroasia

Nasional

Ancaman Krisis Pangan di Depan Mata, Bambang Purwanto Lakukan Antisipasi

Nasional

Anggota DPR RI Partai Demokrat Berikan Materi Literasi Keuangan Pada Pelaku UMKM

Nasional

BKSAP: Kebudayaan Nasional Indonesia Berkontribusi pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

Nasional

Putu Supadma Minta Kepolisian Segera Pastikan Penyebab Terjadinya Kebakaran Museum Nasional

Nasional

Terjadi Kebakaran di Museum Nasional, Komisi X Pertanyakan Komitmen Penerapan SOP Proteksi

Nasional

Herman Khaeron Sosialisasikan Dana Bergulir LPDB-KUMKM Kementerian Koperasi UKM 2023 di Indramayu

Berita: Nasional - Putu Supadma Rudana: Pentingnya Hubungan Bilateral, Parlemen Indonesia-Armenia Sepakat Saling Dukung Pencapaian SDGs •  Nasional - Indonesia Akan Contoh Kesuksesan Industri Pariwisata di Kroasia •  Nasional - Ancaman Krisis Pangan di Depan Mata, Bambang Purwanto Lakukan Antisipasi •  Nasional - Anggota DPR RI Partai Demokrat Berikan Materi Literasi Keuangan Pada Pelaku UMKM •  Nasional - BKSAP: Kebudayaan Nasional Indonesia Berkontribusi pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan •  Nasional - Putu Supadma Minta Kepolisian Segera Pastikan Penyebab Terjadinya Kebakaran Museum Nasional •  Nasional - Terjadi Kebakaran di Museum Nasional, Komisi X Pertanyakan Komitmen Penerapan SOP Proteksi •  Nasional - Herman Khaeron Sosialisasikan Dana Bergulir LPDB-KUMKM Kementerian Koperasi UKM 2023 di Indramayu •