Bentengi Masyarakat dan Pemuda dari Masuknya Paham Radikalisme

Rabu, 22 September 2021 12:45

pak didik (3)

Anggota MPR RI Dr. Didik Mukrianto, SH., MH kembali mengadakan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI, Minggu (19/9). Itu sebagai upaya pencegahan paham radikalisme di masyarakat. Kegiatan tersebut dihadiri utusan tokoh masyarakat, organisasi pemuda, dan organisasi masyarakat di Tuban.

Pada kesempatan tersebut, politisi kelahiran Magetan ini menekankan pentingnya pengamalan makna yang terkandung dalam 4 Pilar MPR RI sebagai upaya pencegahan paham radikalisme bagi masyarakat. Terutama para generasi muda. ‘’Seiring berkembangnya tehnologi informasi, tidak sedikit informasi yang bisa langsung diakses oleh setiap orang.

Termasuk maraknya ideologi dan paham-paham yang bertentangan dengan nilai-nilai luhur bangsa. Jika saringan atau filternya tidak tangguh, maka berpotensi muncul tindakan-tindakan radikal yang tidak sesuai dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945,’’ ujar ketua umum Karang Taruna itu.

Lebih lanjut Didik menyampaikan pentingnya pemahaman utuh dan pengamalan nilai-nilai yang terkandung dalam 4 Pilar MPR RI. Mengingat filter yang efektif untuk menangkal masuknya paham-paham dan ideologi radikal adalah nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika.

‘’Merawat kebhinekaan, menjunjung tinggi toleransi dan tenggang rasa yang selama ini hidup dan tumbuh kembang di masyarakat Indonesia harus menjadi poin. Ini tidak boleh ditinggalkan dan harus terus diperkuat agar persatuan dan kesatuan bangsa tetap utuh serta tidak terkontaminasi oleh masuknya paham dan ideologi radikal yang merusak bangsa kita,’’ tegas wakil rakyat dari dapil IX Jatim (Bojonegoro dan Tuban) itu.

Didik juga mengingatkan pentingnya keterlibatan seluruh masyarakat untuk saling mengingatkan dan memelihara komunikasi yang intensif dalam lingkungan masyarakat untuk menangkal tindakan-tindakan radikal yang mungkin timbul. ‘’Menjaga dan terus menguatkan pertahanan keluarga adalah jantung utama untuk memastikan tertangkalnya pengaruh-pengaruh negatif yang bertentangan dengan nilai-nilai luhur bangsa.

Saya mengajak segenap lapisan masyarakat, khususnya generasi muda untuk menjadi garda terdepan dalam menangkal seluruh potensi ancaman terhadap kehidupan berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat,’’ pungkasnya. (*)

(sumber : radarbojonegoro.jawapos.com)

 

 

Berita Lainnya

Nasional

Wakil Ketua MPR RI: Pemerintah Harus Fasilitasi UMKM agar Berdaya Saing

Nasional

Suntikan Modal Tak Jelas, Elit Demokrat Dorong Audit Seluruh BUMN

Nasional

Demokrat: Pemberantasan Korupsi dalam 2 Tahun Pemerintahan Jokowi Mati Suri, Lembek ke Koruptor

Nasional

Dede Yusuf: LADI Bermasalah Sejak 2017, Akan Jadi Catatan Khusus dalam Revisi UU SKN

Nasional

Reses, Anggota DPR RI Fraksi Demokrat Sartono Hutomo Bagi Sembako, Alsintan dan Terop

Nasional

Debby Kurniawan : Trofi Thomas Cup Jadi Momen Kebangkitan Bulu Tangkis Indonesia

Nasional

Komisi III DPR: Kapolri Tidak Boleh Diam, Tegur dan Pecat Anak Buahnya yang Ancam Warganet

Nasional

Petani Menjerit, Legislator Demokrat Soroti Meroketnya Harga Pupuk

Berita: Nasional - Wakil Ketua MPR RI: Pemerintah Harus Fasilitasi UMKM agar Berdaya Saing •  Nasional - Suntikan Modal Tak Jelas, Elit Demokrat Dorong Audit Seluruh BUMN •  Nasional - Demokrat: Pemberantasan Korupsi dalam 2 Tahun Pemerintahan Jokowi Mati Suri, Lembek ke Koruptor •  Nasional - Dede Yusuf: LADI Bermasalah Sejak 2017, Akan Jadi Catatan Khusus dalam Revisi UU SKN •  Nasional - Reses, Anggota DPR RI Fraksi Demokrat Sartono Hutomo Bagi Sembako, Alsintan dan Terop •  Nasional - Debby Kurniawan : Trofi Thomas Cup Jadi Momen Kebangkitan Bulu Tangkis Indonesia •  Nasional - Komisi III DPR: Kapolri Tidak Boleh Diam, Tegur dan Pecat Anak Buahnya yang Ancam Warganet •  Nasional - Petani Menjerit, Legislator Demokrat Soroti Meroketnya Harga Pupuk •