Benny KH Jokowi Tak Perlu Tunjuk Plt Kapolri

Senin, 19 Januari 2015 00:00

Jakarta: Presiden Joko Widodo memberikan mandat kepada Wakapolri Komjen Pol Badrodin Haiti untuk memegang kuasa dan wewenang sebagai Kapolri. Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Komisi III DPR-RI yang juga Anggota Fraksi Partai Demokrat DPR-RI Benny Kabur Harman menjelaskan ia tak setuju dengan adanya Pelaksana tugas (Plt) Kapolri. Jika Jokowi menunda pelantikan Budi Gunawan, maka posisi dan tugas Kapolri dijalankan Wakapolri tanpa harus diangkat Plt.

 

“Menurut saya tak perlu Plt, tak ada alasan yang cukup untuk mengangkat Plt. Kalau toh Presiden menunda pelantikan Budi Gunawan, maka posisi dan tugas Kapolri dijalankan oleh Wakapolri. Otomatis tanpa harus diangkat Plt,” ujar Benny di kompleks parlemen, Senayan, Senin (19/1/2015)

 

Benny menambahkan, kalau terkait pengangkatan Plt Kapolri maka hal itu perlu meminta izin ke DPR. Hal ini juga menyangkut penjelasan alasan presiden mengangkat Kapolri.

 

“Alasan mendesaknya Pasal 11 ayat 5 Undang-undang Kepolisian memang memungkinkan presiden mengangkat Plt. Tetapi pengangkatan Plt harus dibawa ke DPR. Bukan soal mekanisme, tetapi harus disampaikan juga apa yang menjadi alasan presiden untuk mengangkat Plt,” tuturnya.

 

Benny menegaskan hak prerogatif presiden tidak absolut karena harus tunduk kepada aturan hukum.

“Dia tunduk pada pertimbangan politik lain. Meskipun begitu, presiden harus menjelaskan,” ujar Benny.

 

www.demokrat.or.id

Berita Lainnya

Nasional

Demokrat Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana di NTB dan NTT

Nasional

Anggota DPR RI H Abdul Wahab Dalimunthe SH: Kader Demokrat Diminta Tetap Solid dan Tidak Terpengaruh dengan Manuver Politik Pihak Luar

Nasional

Didik Mukrianto Sebut Partai Demokrat Kubu Moeldoko Organisasi Liar

Nasional

MUSLIM HADIR BERSAMA PEMKAB ACEH TAMIANG DALAM BIMTEK PERTANIAN

Nasional

Kubu Moeldoko Gugat AD/ART 2020, Demokrat: Mereka Sudah Kehilangan Legal Standing

Nasional

Partai DEMOKRAT Peduli Banjir Bandang di Bima

Nasional

Mohamad Muraz: Mana Arah Kebijakan Pembinaan Pancasila dari BPIP?

Nasional

Ibas Serahkan Ambulans untuk Masyarakat Terdampak Pandemi

Berita: Nasional - Demokrat Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana di NTB dan NTT •  Nasional - Anggota DPR RI H Abdul Wahab Dalimunthe SH: Kader Demokrat Diminta Tetap Solid dan Tidak Terpengaruh dengan Manuver Politik Pihak Luar •  Nasional - Didik Mukrianto Sebut Partai Demokrat Kubu Moeldoko Organisasi Liar •  Nasional - MUSLIM HADIR BERSAMA PEMKAB ACEH TAMIANG DALAM BIMTEK PERTANIAN •  Nasional - Kubu Moeldoko Gugat AD/ART 2020, Demokrat: Mereka Sudah Kehilangan Legal Standing •  Nasional - Partai DEMOKRAT Peduli Banjir Bandang di Bima •  Nasional - Mohamad Muraz: Mana Arah Kebijakan Pembinaan Pancasila dari BPIP? •  Nasional - Ibas Serahkan Ambulans untuk Masyarakat Terdampak Pandemi •