Bambang Purwanto : Pipanisasi Sangat Tepat Gantikan Sistem Sumur Bor di Lahan Gambut

Kamis, 11 Februari 2021 14:01

pak bambang (1)

Anggota Komisi IV DPR RI Bambang Purwanto mengatakan program sumur bor untuk pengairan di lahan gambut yang telah di laksanakan oleh Badan Restorasi Gambut (BRG) di Kalimantan Tengah tidak efektif,meskipun pemerintah telah membangun sumur bor di lahan gambut cukup banyak.

“Sumur bor di Kalimantan Tengah Cukup banyak,tetapi tidak efektif”,kata Bambang Purwanto saat Rapat Kerja Komisi IV DPR dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI,di ruang rapat Komisi IV DPR,Selasa (9/2/2021).

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di harapkan ada terobosan baru untuk mengatasi ke tidak efektifan sumur bor si lahan gambut yangvtelah di buat oleh BRG,yang jumlah cukup banyak.”Oleh karena itu ini perlu terobosan”,tegas legislator Partai Demokrat ini.

Bambang Purwanto telah pernah memberikan usulan untuk penggantian sistem sumur bor di lahan Gambut menjadi sistim perpipaan,meskipun lebih mahal dari sumur bor namun sangat efekti.

“Seperti yang pernah kami sampaikan perpipaan,memang agak mahal,tetapi sangat efektif untuk jangka panjang”,pungkas Bambang Purwanto.

Diharapkan sistom sumur bor untuk pengairan di lahan Gambut yang si laksanakan oleh BRG di Kalimantan Tengah dapat digantikan dengan sistem pipanisasi.

Berita Lainnya

Nasional

Ibas: Kelangkaan Pupuk Petani Jadi Persoalan Klasik dari Tahun ke Tahun

Nasional

Ibas Dorong Percepatan Vaksinasi Daerah Agar Belajar Mengajar Kembali Efektif

Nasional

Kawal Program BSPS, Ketua FPD DPR: Negara Bisa Kempes Sedikit Kantongnya, Rakyat Jangan

Nasional

Demokrat Kritik Kereta Cepat Pakai APBN: Rakyat Tak Butuh

Nasional

PD Minta Kader Jaga Keutuhan Partai: Musuh Kita Kubu Moeldoko

Nasional

BPOM dan Anggota Komisi IX DPR RI ZA Sosialisasi Obat dan Makanan di Merangin dan Pelepat Ilir

Nasional

Dua Tahun Jokowi-Ma’ruf Amin, Legislator Sebut Sektor Pertanian Masih Kurang Dapat Perhatian

Nasional

Benny K Harman Baca Langkah Yusril: Ingin Rebut Demokrat Secara Ilegal Atas Nama Hukum dan Demokrasi

Berita: Nasional - Ibas: Kelangkaan Pupuk Petani Jadi Persoalan Klasik dari Tahun ke Tahun •  Nasional - Ibas Dorong Percepatan Vaksinasi Daerah Agar Belajar Mengajar Kembali Efektif •  Nasional - Kawal Program BSPS, Ketua FPD DPR: Negara Bisa Kempes Sedikit Kantongnya, Rakyat Jangan •  Nasional - Demokrat Kritik Kereta Cepat Pakai APBN: Rakyat Tak Butuh •  Nasional - PD Minta Kader Jaga Keutuhan Partai: Musuh Kita Kubu Moeldoko •  Nasional - BPOM dan Anggota Komisi IX DPR RI ZA Sosialisasi Obat dan Makanan di Merangin dan Pelepat Ilir •  Nasional - Dua Tahun Jokowi-Ma’ruf Amin, Legislator Sebut Sektor Pertanian Masih Kurang Dapat Perhatian •  Nasional - Benny K Harman Baca Langkah Yusril: Ingin Rebut Demokrat Secara Ilegal Atas Nama Hukum dan Demokrasi •