Bambang Purwanto Bantu Puluhan Ribu Tanaman Hutan dan Buah untuk KTH Sepakat

Rabu, 03 Agustus 2022 08:19

pak BP (2)

Kelompok Tani Hutan (KTH) Sepakat Desa Tanjung Putri, Kecamatan Arut Selatan, Kotawaringin Barat, mendapat bantuan puluhan ribu bibit tanaman hutan dan buah dari aspirasi Anggota DPR RI utusan Kalteng Bambang Purwanto, Kamis (28/7/2022).

Bantuan ini diberikan melalui program Kebun Benih Rakyat (KBR). Sejumlah petani hutan yang tergabung dalam kelompok pengelola hutan kemasyarakatan (Hkm) desa setempat secara swakelola melakukan penanaman bibit.
 
Bambang Purwanto mengatakan program tersebut berasal dari aspirasinya bekerja sama dengan Ditjen Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Rehabilitasi Hutan KemenLHK RI dalam upaya mendukung konservasi berbasis masyarakat.
 
Kurang lebih 30 ribu bibit yang disediakan lewat KBR ini. Bibit yang disediakan berupa jenis tanaman hutan dan buah yang memiliki nilai ekonomis bagi pengelola KTH, sehingga ke depan pengelola bisa mengambil manfaat dari pengelolaan hutan.
 
bibit
 
Adapun jenis benih yang diperbantukan untuk KTH Sepakat di antaranya 15.000 bibit karet, 5.000 bibit galam, 5.000 bibit bambu, 2.500 bibir cempedak dan 2.500 bibit jengkol.
 
"Nanti bibit-bibit tanaman hutan dan buah ini bisa ditanam di areal Hkm atau lahan kosong lainnya. Jadi selain melakukan konservasi hutan, kalo bibit ini dirawat dan dijaga dengan baik bisa memberikan manfaatkan untuk kelompok," tutur dia.
 
Pria yang akrab disapa Pakdhe ini menambahkan, dalam melakukan proses pembibitan dan perawatan anggota kelompok ini didampingi oleh tenaga ahli berpengalaman dari dinas terkait.
 
"Program ini oleh masyarakat dan untuk masyarakat. Untuk memastikan program ini berjalan baik, kita arahkan selalu didampingi PPL dari dinas kehutanan," pungkasnya.
 
( sumber : kumparan.com )

Berita Lainnya

Nasional

Perlu Adanya Aturan Bersama Atasi Tumpang Tindih Pengembangan Pariwisata

Nasional

Penyaluran Dana BLT BBM Sembako Dan PKH Desa Pohgading Timur Dipantau Langsung Anggota DPR RI KOmisi VIII Fraksi Partai Demokrat Bersama Bupati Lombok Timur

Nasional

Herman Khaeron : Kemitraan UMKM – BUMN Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Nasional

Herman Khaeron Gelar Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan

Nasional

RKUHP Dibawa ke Paripurna, Fraksi Demokrat: Jamin Hak-hak Kebebasan Berpendapat

Nasional

Komisi VI Apresiasi PLN Wujudkan Pemerataan Listrik di Daerah 3T

Nasional

Pemerintah Berencana Bagikan ‘Rice Cooker’ Gratis, Sartono Berharap Bantu Ekonomi Masyarakat

Nasional

M Nasir Serahkan Bantuan Komperter BBM ke BBG ke Petani upaya pencegahan Langkanya Gas 3 Kg

Berita: Nasional - Perlu Adanya Aturan Bersama Atasi Tumpang Tindih Pengembangan Pariwisata •  Nasional - Penyaluran Dana BLT BBM Sembako Dan PKH Desa Pohgading Timur Dipantau Langsung Anggota DPR RI KOmisi VIII Fraksi Partai Demokrat Bersama Bupati Lombok Timur •  Nasional - Herman Khaeron : Kemitraan UMKM – BUMN Dorong Pertumbuhan Ekonomi •  Nasional - Herman Khaeron Gelar Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan •  Nasional - RKUHP Dibawa ke Paripurna, Fraksi Demokrat: Jamin Hak-hak Kebebasan Berpendapat •  Nasional - Komisi VI Apresiasi PLN Wujudkan Pemerataan Listrik di Daerah 3T •  Nasional - Pemerintah Berencana Bagikan ‘Rice Cooker’ Gratis, Sartono Berharap Bantu Ekonomi Masyarakat •  Nasional - M Nasir Serahkan Bantuan Komperter BBM ke BBG ke Petani upaya pencegahan Langkanya Gas 3 Kg •