Atlet Gulat Asal Rumania Diterima Jadi WNI

Kamis, 25 Juni 2015 00:00

fraksidemokrat.org—Jakarta. Fraksi Partai Demokrat (FPD) DPR RI menyatakan memahami dan menerima rekomendasi Kemenpora untuk menerima Nastrusnicu Roxana Andreea, atlet gulat asal Rumania, sebagai warga negara Indonesia (WNI). Dengan kata lain, FPD menyetujui kewarganegaraan atas nama tersebut, sepanjang sesuai Ketentuan Pasal 64 huruf f Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2007 tentang Penyelengaraan Keolahragaan.

Sebagaimana diberitakan, Menpora Imam Nahrawi bersama jajaran Eselon I dan II Kemenpora mengikuti Rapat Kerja dengan Komisi III DPR RI di Ruang Sidang Komisi III, Gedung Nusantara II Senayan, Jakarta (24/06/2015). Raker ini membahas pertimbangan memberikan kewarganegaraan RI untuk Nastrusnicu. Jauh sebelumnya, rapat konsultasi pengganti Rapat Badan Musyawarah antara Pimpinan DPR dengan Pimpinan Fraksi Masa Persidangan IV Tahun sidang 2014-2015 3 Juni 2015, juga membicarakan surat masuk dari Presiden Republik Indonesia Nomor: R-31/Pres/05/2015 tanggal 21 Mei 2015 Perihal  Permohonan Pertimbangan Kewarganegaraan RI atas nama Nastrusnicu Roxana Andreea.

Terkait rekomendasi tersebut, FPD menekankan penerimaan sepanjang Pasal 64 huruf f PP No 16/2007 tentang Penyelengaraan Keolahragaan dipenuhi. Dalam pasal tersebut tertera, ‘’olahragawan warga negara asing yang melakukan perpindahan negara asal ke Indonesia harus a]  memenuhi persyaratan dan mendapatkan izin dari instansi pemerintah yang berwenang sesuai dengan ketentuan Peraturan Perundang-Undangan; b]  memperoleh izin tertulis dari Induk organisasi Cabang olahraga di negara asal; c] memenuhi ketentuan dari federasi olahraga internasional; d] mendapat jaminan dari induk organisasi cabang olahraga di Indonesia; e] memiliki kualifikasi dan kopetensi cabang olahraga dan f] memperoleh rekomendasi dari menteri.

Selain berdasarkan peraturan pemerintah, FPD juga menyatakan sikap setelah menelusuri rekam identitas dan jejak Nastrusnicu. Yang bersangkutan, lahir 13 Januari 1989 di Resita (Caras Saverin), warga negara Rumania yang menyandang profesi sebagai atlet gulat dan sudah menetap di Indonesia sejak 2012. Selain karena menikah dengan seorang WNI, Nastrusnicu ingin menjadi WNI juga karena ingin membela dan mengembangkan prestasi gulat Indonesia.

Dalam pandangan yang disampaikan I Putu Sudiartana, FPD mengemukakan, meski setuju pada naturalisasi dalam bidang olahraga untuk sejumlah kasus, konsentrasi peningkatan prestasi olahraga hendaknya tetap pada pembinaan di dalam negeri. ‘’Tanpa pembinaan yang baik, khususnya pembinaan usia dini, di cabang apapun, olahraga kita akan sulit berjaya. Jika pembinaan berjalan baik, kami yakin Indonesia akan berprestasi dan berjaya baik  di tingkat regional dan Internasional,’’ tutur Putu.(***)

Berita Lainnya

Nasional

Demokrat Kubu AHY Optimistis MA Keluarkan Keputusan Seadil-adilnya

Nasional

Judicial Review Pro Muldoko Masuk Kategori “Begal Politik”

Nasional

Perlu Keseriusan Serap Produksi Baja Dalam Negeri, Legislator: Krakatau Steel Sudah Sangat Kompleks

Nasional

Pemerintah Diminta Ambil Sikap soal AUKUS, Jangan Cuma Bilang Khawatir

Nasional

Anggota FPD DPR RI Perjuangkan Peningkatan Upah Guru Honor

Nasional

Demokrat Soroti Penugasan Jokowi Numpuk di Luhut

Nasional

Demokrat soal Hak Angket Respons Kisruh KPK: Belum Perlu

Nasional

Bentengi Masyarakat dan Pemuda dari Masuknya Paham Radikalisme

Berita: Nasional - Demokrat Kubu AHY Optimistis MA Keluarkan Keputusan Seadil-adilnya •  Nasional - Judicial Review Pro Muldoko Masuk Kategori “Begal Politik” •  Nasional - Perlu Keseriusan Serap Produksi Baja Dalam Negeri, Legislator: Krakatau Steel Sudah Sangat Kompleks •  Nasional - Pemerintah Diminta Ambil Sikap soal AUKUS, Jangan Cuma Bilang Khawatir •  Nasional - Anggota FPD DPR RI Perjuangkan Peningkatan Upah Guru Honor •  Nasional - Demokrat Soroti Penugasan Jokowi Numpuk di Luhut •  Nasional - Demokrat soal Hak Angket Respons Kisruh KPK: Belum Perlu •  Nasional - Bentengi Masyarakat dan Pemuda dari Masuknya Paham Radikalisme •