Anwar Hafid Minta Kemendagri Hati-Hati Tentukan Pj Kepala Daerah

Minggu, 26 Juni 2022 07:50

anwar-hafid-diskusi

Anggota Komisi II DPR RI Anwar Hafid mengatakan bila pemerintah dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) masih memiliki sejumlah pekerjaan rumah menjelang penunjukan penjabat (Pj) Kepala Daerah.

Anwar menyebut Kemendagri harus berhati-hati dalam menentukan Pj Kepala Daerah dan perlu pertimbangan secara matang.

Untuk itu, Kemendagri juga perlu untuk mempersiapkan regulasi tersebut secara terukur dan terarah supaya bisa berjalan lancar.

“Soal Pj Kepala Daerah, Kemendagri perlu mempersiapkan aturan secara strategis dan kita berharap penunjukan kepala daerah sudah ditentukan dengan regulasi baru yang tentu sudah matang,” kata Anwar Hafid kepada Wartawan, Kamis (23/6).

Politisi Partai Demokrat itu juga menuturkan bila kriteria yang perlu disiapkan untuk Pj Kepala Daerah tersebut harus mengetahui seluk beluk daerah tersebut.

Pasalnya, tentu setiap daerah ujar Anwar memiliki karakteristik masyarakat dan daerah yang heterogen.

Calon Pj Kepala Daerah juga minimal harus mengetahui tata kelola dalam menjalankan roda pemerintahan di setiap daerah.

“Jadi perlu tahu cara menjalankan Pemerintahan yang normal, kemudian mempersiapkan Pilkada untuk 2024,” tuturnya.

Menutup pernyataanya, Politisi asal Morowali tersebut menyatakan bila Pj Kepala Daerah harus mengetahui potensi wilayah masing-masing daerah.

Anwar yang merupakan Mantan Kepala Daerah mengakui bila menjalankan tugas sebagai kepala daerah merupakan tantangan tersendiri.

Tentu Kepala Daerah harus mempunyai langkah strategis untuk menjalankan sebuah roda pemerintahan daerah supaya semua dapat berjalan lancar.

“Kita tahu tugas ini tidak mudah jadi perlu perhitungan supaya tidak sulit dalam menjalankan tugas nantinya,” pungkasnya.[prs]

( sumber : realitarakyat.com )

Berita Lainnya

Nasional

Bramantyo Suwondo: Sekolah Harus Menerapkan Prokes Ketat

Nasional

Irwan Fecho: Pembangunan Harus Sampai ke Desa

Nasional

Pemerintah Diminta Serius Tangani Kasus TPPO

Nasional

Dr. Ratnawati Herman, Mendapat Penghargaan UMKM Dari Radar Cirebon TV

Nasional

Bambang Purwanto Bantu Puluhan Ribu Tanaman Hutan dan Buah untuk KTH Sepakat

Nasional

Bertebaran Spekulasi di Sekitar Kasus Kematian Brigadir J, Kuncinya: Polisi Harus Transparan

Nasional

Anggota DPR -RI Hadiri Panen Perdana Kolam Lele Bioflok di Desa Tanjungkalang

Nasional

Demokrat: RKUHP Perlu Disempurnakan Sebelum Disahkan

Berita: Nasional - Bramantyo Suwondo: Sekolah Harus Menerapkan Prokes Ketat •  Nasional - Irwan Fecho: Pembangunan Harus Sampai ke Desa •  Nasional - Pemerintah Diminta Serius Tangani Kasus TPPO •  Nasional - Dr. Ratnawati Herman, Mendapat Penghargaan UMKM Dari Radar Cirebon TV •  Nasional - Bambang Purwanto Bantu Puluhan Ribu Tanaman Hutan dan Buah untuk KTH Sepakat •  Nasional - Bertebaran Spekulasi di Sekitar Kasus Kematian Brigadir J, Kuncinya: Polisi Harus Transparan •  Nasional - Anggota DPR -RI Hadiri Panen Perdana Kolam Lele Bioflok di Desa Tanjungkalang •  Nasional - Demokrat: RKUHP Perlu Disempurnakan Sebelum Disahkan •