Anggota Komisi XI DPR minta pemerintah jangan lemahkan OJK

Rabu, 08 Juli 2020 10:15

OJK

Anggota Komisi XI DPR RI Marwan Cik Asan meminta pemerintah agar fungsi lembaga Otoritas Jasa Keuangan (OJK) jangan dilemahkan. Menurutnya, OJK perlu dievaluasi secara kenerja kelembagaan terlebih dahulu.

“Kami menilai kalau kita bicara kinerja bukan berarti membubarkan lembaganya, bisa saja personalnya orang-orang yang berkaitan,” kata Marwan ketika ditemui Kontan.co.id di gedung DPR/MPR RI, Selasa (6/7).

Marwan bilang, sebelum agenda evaluasi lembaga di tahun 2022, Komisi XI DPR RI bisa melakukan evaluasi terlebih dahulu. Namun, dirinya mengaku masih menunggu laporan dari pemerintah terkait program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Khususnya dalam hal stimulus Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan restrukturisasi perbankan.

“Pengawasan DPR kita bisa mengevaluasi memberikan masukan dan arahan kepada dewan komisioner OJK. Supaya hal-hal yang belum baik belum efektif bisa segera diperbaiki. Covid-19 mengahuruskan respon yang cepat dan tepat. OJK serapannya rendah bicara lambat semuanya lambat jadi perlu evaluasi secara keseluruhan sehingga  kita bisa menentukan langkah yang tepa,” ujar dia.

Sebelumnya, Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) sedang mempertimbangkan mengeluarkan dekrit darurat untuk mengembalikan regulasi perbankan ke kewenangan bank sentral dari OJK. Ini di tengah kekhawatiran tentang bagaimana pandemi Covid-19 memunculkan ketegangan di sektor keuangan. 

Sumber yang diberi pengarahan tentang masalah ini mengatakan kepada Reuters, Kamis (2/7), Joko Widodo telah mempertimbangkan mengembalikan peran itu ke Bank Indonesia (BI) karena ketidakpuasan tentang kinerja Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selama pandemi.  

Pada rapat kabinet 18 Juni 2020, Jokowi mengatakan akan merombak kabinetnya atau membubarkan lembaga pemerintahan jika dia merasa mereka tidak berbuat cukup untuk mengatasi krisis yang disebabkan oleh pandemi Covid-19.

Berita Lainya

Nasional

‘Perwira Milenial’ Indramayu Bulatkan Tekad dorong UMKM Naik Kelas

Nasional

Sekolah Tatap Muka Harus Didukung Petunjuk Teknis

Nasional

Pulihnya Pariwisata Nasional Tergantung Kecepatan Penyelesaian Pandemi Covid-19

Nasional

Jokowi Ungkap Kasus Corona Memburuk, Ini Catatan Kritis PD

Nasional

Jelang Libur Akhir Tahun, Demokrat Minta Kesiapan Dilakukan Secara Adaptif dan Responsif

Nasional

Balada Pilkada di Tengah Pandemi, Politikus Demokrat: Harus Tetap Berikan Pemahaman Covid-19 Belum Berakhir

Nasional

Anggota DPR RI Achmad Salurkan 2000 Paket Sembako Untuk Warga Korban Banjir di Rohul

Nasional

Keputusan Libur Akhir Tahun, DPR Harap Pemerintah Utamakan Keselamatan Rakyat

Berita: Nasional - ‘Perwira Milenial’ Indramayu Bulatkan Tekad dorong UMKM Naik Kelas •  Nasional - Sekolah Tatap Muka Harus Didukung Petunjuk Teknis •  Nasional - Pulihnya Pariwisata Nasional Tergantung Kecepatan Penyelesaian Pandemi Covid-19 •  Nasional - Jokowi Ungkap Kasus Corona Memburuk, Ini Catatan Kritis PD •  Nasional - Jelang Libur Akhir Tahun, Demokrat Minta Kesiapan Dilakukan Secara Adaptif dan Responsif •  Nasional - Balada Pilkada di Tengah Pandemi, Politikus Demokrat: Harus Tetap Berikan Pemahaman Covid-19 Belum Berakhir •  Nasional - Anggota DPR RI Achmad Salurkan 2000 Paket Sembako Untuk Warga Korban Banjir di Rohul •  Nasional - Keputusan Libur Akhir Tahun, DPR Harap Pemerintah Utamakan Keselamatan Rakyat •