Anggota DPR -RI Hadiri Panen Perdana Kolam Lele Bioflok di Desa Tanjungkalang

Rabu, 03 Agustus 2022 08:08

pak guntur (3)

Panen perdana kolam Lele bioflok di Pokdakan Putra Tanjung dsn Pojok Ds Tanjungkalang Kecamatan Ngronggot Nganjuk berjalan lancar, Kamis (28/7/2022). Panen perdana ini dilakukan oleh Guntur Sasono,anggota DPR – RI dari dapil Jatim VIII dan Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi.

Luapan rasa bangga Guntur Sasono, anggota DPR – RI dari partai Demokrat ini tidak dapat disembunyikannya. Karena Pokdakan ‘Putra Tanjung’ yang di ketuai Nur Kholik sebagai penerima program aspirasi sudah melaksanakan kegiatan ini dengan baik dan ada inovasi baru.

Ada 4 hal baru yang menjadi perhatian Guntur Sasono di Pokdakan Putra Tanjung ini.

Yaitu resiko kematian bibit ikan hanya dibawah 10%, sementara standart program secara nasional adalah resiko kematiannya 18,6%. Pemberian pakan buatan (pelet) hanya 1/3 jatah karena ada pakan alami tersedia. Untuk panen biasanya butuh waktu 3 bulan, tapi dengan sistem yang digunakan Nur kholik hanya membutuhkan waktu 2,5 bulan sudah bisa panen dengan besaran ikan yang lebih beratnya.

Untuk pasar Nur Kholik sudah mengatur demgan rapi sehingga saat panen tidak ada kendala pasar. Hal ini karena sebagai peternak ikan selalu menjalin komunikasi yang baik dengan pasar. Sehingga saat panen tidak ada kendala pemasaran.

Hal ini menjadi perhatian Guntur Sasono karena ‘ilmu’ ini bisa ditularkan/ dicontoh peternak ikan lele yang lain. Dengan sistem ini tentunya akan memberikan keuntungan lebih bagi peternak ikan lele.

” Saya akan sampaikan hal ini kepada Dirjen KKP. Ini bagus sekali dan biar menjadi masukan. Selama ini program KKP hanya diarahkan kepada nelayan pinggiran laut saja.

Sedangkan seperti wilayah Nganjuk tidak punya laut. Dan hasil saya ‘mbengok’2 adalah program kolam bioflok ini. Tahun depan dari KKP ada 12 titik program seperti ini di dapil saya” jelasnya

“4 hari ini saya keliling Bimtek. Saya selalu menekankan dan berharap, berkeinginan agar petani jangan berada di derajat rendah. Tapi dengan program pemerintah bisa naik ke derajat yang lebih tinggi terutama dalam perekonomiannya.

Dalam Bimtek ada 4 hal yang bisa saya ambil dan lakukan. Yaitu pertama, Komunikatif untuk saling asah, asih dan asuh. Kedua, Kritis atau jangan hanya puas dengan prinsip ‘ nerimo ing pandum’. Ketiga adalah Kreatif dan keempat adalah kompetetif” kata Guntur Sasono

Tampak Hadir di acara ini Drs Guntur Sasono MSi dan Ibu Retno,Plt Bupati Nganjuk Kang Marhaen, Kadisperta Yudianto, Forkopimcam Ngronggot, pejabat Balai Karangasem, paguyupan mina Ngronggot dan para undangan.

Nur Kholik sebagai ketua Pokdakan Putra Tanjung menjelaskan keberhasilan program yang dilaksanakan ini kuncinya adalah penggunaan Prebiotik alami yang dibuat dari rempah rempah alam.

Dengan khasiat inti yaitu memperbaiki sistem pencernaaan ikan dan mencegah ikan terjangkit penyakit. Dengan sistem ini ada penghematan biaya senilai Rp 700 ribu/ 1000 ekor.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pak Guntur Sasono yang sudah memberikan program kolam bioflok ini. Juga kepada Mbah Kyai Tanjung yang selalu mendampingi dan mensupport sehingga kami semakin bersemangat untuk budidaya ikan.

Demikian juga kepada Pak Marhaen Plt Bupati Nganjuk yang berkenan hadir untuk panen perdana ikan lele bersama kami, kami haturkan banyak terima kasih” kata Nur Kholik dalam sambutannya.

Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi juga mengapresiasi keberhasilan Pokdakan Putra Tanjung yang sudah melaksanakan dengan baik program yang diterimanya.

Dan mewakili pemerintah kabupaten Nganjuk menyampaikan terima kasih kepada semua yang sudah mendukung Nganjuk Bangkit melalui program program pemerintah yang di berikan untuk masyarakat Nganjuk yang lebih baik.

Acara dilanjutkan dengan PakGuntur Sasono dan Ibu bersama Kang Marhaen giat panen lele perdana secara simbolis dari kolam bioflok. Ada 6 kolam lele program Bioflok yang setiap kolam berisi 4000 ekor ikan. Jadi total ada 24.000 ekor ikan yang bisa dipanen hari itu. (fth/rmb)

( sumber : tabloidsuksesnasional.com )

Berita Lainnya

Nasional

Bramantyo Suwondo: Sekolah Harus Menerapkan Prokes Ketat

Nasional

Irwan Fecho: Pembangunan Harus Sampai ke Desa

Nasional

Pemerintah Diminta Serius Tangani Kasus TPPO

Nasional

Dr. Ratnawati Herman, Mendapat Penghargaan UMKM Dari Radar Cirebon TV

Nasional

Bambang Purwanto Bantu Puluhan Ribu Tanaman Hutan dan Buah untuk KTH Sepakat

Nasional

Bertebaran Spekulasi di Sekitar Kasus Kematian Brigadir J, Kuncinya: Polisi Harus Transparan

Nasional

Demokrat: RKUHP Perlu Disempurnakan Sebelum Disahkan

Nasional

Gandeng DPR RI, Kementan Gelar Bimtek Tingkatkan Fungsi Penyuluh

Berita: Nasional - Bramantyo Suwondo: Sekolah Harus Menerapkan Prokes Ketat •  Nasional - Irwan Fecho: Pembangunan Harus Sampai ke Desa •  Nasional - Pemerintah Diminta Serius Tangani Kasus TPPO •  Nasional - Dr. Ratnawati Herman, Mendapat Penghargaan UMKM Dari Radar Cirebon TV •  Nasional - Bambang Purwanto Bantu Puluhan Ribu Tanaman Hutan dan Buah untuk KTH Sepakat •  Nasional - Bertebaran Spekulasi di Sekitar Kasus Kematian Brigadir J, Kuncinya: Polisi Harus Transparan •  Nasional - Demokrat: RKUHP Perlu Disempurnakan Sebelum Disahkan •  Nasional - Gandeng DPR RI, Kementan Gelar Bimtek Tingkatkan Fungsi Penyuluh •