Anggota DPR RI Dorong Kemitraan Petani Tebu-PG Rajawali II Terus Ditingkatkan

Senin, 29 Mei 2023 12:59
herman bapak
 
 
Anggota DPR RI dari komisi VI, Dr.Ir. H. E Herman Khaeron, M.Si meminta kepada kelompok tani tebu yang bermitra dengan PT RNI-Pabrik gula (PG) Rajawali II untuk terus mendukung pemerintah dalam meningkatkan produksi gula di tanah air. "Kerja sama, saling mendukung dan berharmoni harus menjadi landasan dalam kemitraan antara petani tebu dengan PT RNI untuk terus meningkatkan produksi tebu," kata dia saat melakukan kunjungan kerja dengan kelompok tani kemitraan PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) unit Jatitujuh di desa Jatisura, kecamatan Cikedung, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat pada Minggu (28/5/2023).
 
Herman Khaeron menjelaskan, sinergi antara PT RNI melalui anak perusahaan pabrik gula (PG) Rajawali II dan masyarakat akan menjadi kerja sama yang saling menguntungkan baik dari keuntungan bagi petani serta kualitas tebu yang semakin baik. PT RNI sebagai BUMN juga bisa menggenjot produksi gula untuk mendukung swasembada gula di Indonesia.
 
 
Ia juga mendapatkan masukan-masukan dari masyarakat petani tebu yakni butuhnya dukungan untuk sarana seperti traktor serta perbaikan jalan di area dekat kawasan lahan tebu di Indramayu. "Kita catat masukan dari petani, dan akan kita jadikan usulan ke pemerintah pusat untuk aspirasi dari petani tebu," kata dia.
 
Sementara itu, salah satu petani tebu, Ilik Rakiyah berharap ada bantuan traktor dari pemerintah untuk petani tebu di Indramayu."Dengan sarana yang lebih modern, kami yakin produksi tebu juga bisa semakin meningkat," kata dia.
 
Seperti diketahui, PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) melalui anak perusahaannya yang bergerak di bidang industri gula, PT PG Rajawali II, telah melaksanakan program kemitraan budi daya tebu bagi masyarakat desa penyangga di lingkungan areal lahan HGU Unit Pabrik Gula (PG) Jatitujuh.
 
 
"Program kemitraan ini sebagai wujud kepedulian perusahaan dalam rangka membangun harmoni dengan masyarakat desa penyangga," ujar Hadi Suprapto, Kepala Bagian Legal PT PG Rajawali II di hadapan kelompok tani kemitraan.
 
PT PG Rajawali II, anak usaha BUMN ID FOOD, pada 2023, meningkatkan produksi gula menjadi 87 ribu ton dengan membuka kembali Pabrik Gula (PG) Sindanglaut. Pengoperasian PG Sindanglaut juga menjadi salah satu upaya kami meningkatkan produksi gula.
 
Produksi gula PG Rajawali II terus mengalami peningkatan. Pada 2021, produksi gula tercatat berada di angka 54 ribu ton, pada 2022, meningkat menjadi 70 ribu ton dan pada musim giling tahun 2023 ditargetkan 87 ribu ton.
 
"Dari tahun ke tahun produksi gula mengalami peningkatan, di tahun lalu kami memproduksi 70 ribu ton gula," tuturnya.
 
 
Ia menjelaskan peningkatan produksi gula juga diiringi dengan terus membaiknya harga gula di pasaran, sehingga para petani kembali mulai menanam tebu yang menjadi bahan baku gula.
 
Bahkan, pada 2022, PG Tersana Baru yang berada di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, harus menggiling gula petani lebih lama, dikarenakan hasil tebu petani meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.
 
Menurut dia, pada musim giling tahun 2023, perusahaan kembali membuka PG Sindanglaut, agar produksi gula meningkat. Sementara, dari data Dinas Pertanian Cirebon di sekitar PG Sindanglaut, lahan tebu juga mengalami peningkatan luas. Produksi gula PG Rajawali II saat ini berasal dari tiga pabrik yaitu PG Jatitujuh, PG Tersana Baru, dan PG Sindanglaut.
 
( sumber : kumparan.com )

Berita Lainnya

Nasional

BKSAP DPR RI Apresiasi Keaktifan Sekjen AIPA Tanggapi Berbagai Isu di ASEAN

Nasional

Benny K Harman Kritik Pungli di Lapas yang Sulit Diberantas

Nasional

Kehadiran Starlink Harus Tetap Berdasarkan Asas Keadilan bagi Provider Lokal

Nasional

Legislator Nilai Syarat Menjadi Pejabat Politik Terlalu Mudah

Nasional

Suhardi Duka minta Badan Pangan Nasional tangani defisit produk beras dan perkuat peran Bulog

Nasional

vera febyanthy soroti kebijakan fiskal dan penerimaan negara

Nasional

Anggota Komisi XI DPR RI, Vera Febyanthy, Soroti Peningkatan Tax Ratio dan Implementasi Pajak Karbon dalam Rapat dengan Kementerian Keuangan

Nasional

Jaga Kewibawaan, Persiapan PON XII di Aceh-Sumut Jangan Sekadarnya

Berita: Nasional - BKSAP DPR RI Apresiasi Keaktifan Sekjen AIPA Tanggapi Berbagai Isu di ASEAN •  Nasional - Benny K Harman Kritik Pungli di Lapas yang Sulit Diberantas •  Nasional - Kehadiran Starlink Harus Tetap Berdasarkan Asas Keadilan bagi Provider Lokal •  Nasional - Legislator Nilai Syarat Menjadi Pejabat Politik Terlalu Mudah •  Nasional - Suhardi Duka minta Badan Pangan Nasional tangani defisit produk beras dan perkuat peran Bulog •  Nasional - vera febyanthy soroti kebijakan fiskal dan penerimaan negara •  Nasional - Anggota Komisi XI DPR RI, Vera Febyanthy, Soroti Peningkatan Tax Ratio dan Implementasi Pajak Karbon dalam Rapat dengan Kementerian Keuangan •  Nasional - Jaga Kewibawaan, Persiapan PON XII di Aceh-Sumut Jangan Sekadarnya •