Anggota DPR Desak Kapolri Harus Serius Benahi Internal

Jumat, 11 November 2022 05:50

DM fpd (1)

Anggota Komisi III DPR RI Didik Mukrianto menilai berbagai rangkaian kejadian yang melibatkan Kepolisian belakangan ini, termasuk video Ismail Bolong harus menjadi keseriusan Kapolri untuk terus melakukan reformasi, pembenahan dan perbaikan. Didik menegaskan, sudah saatnya Kapolri melakukan deteksi dini terhadap potensi permasalahan akut dan fundamental dalam pembenahan dan perbaikan Polri.

"Langkah itu agar tidak berulang terus potensi penyimpangan dan penyalahgunaan kekuasaan di tubuh Polri. Bagaimana mungkin Polisi bisa menegakkan hukum setegak-tegaknya dan seadil-adilnya jika aparatnya terindikasi korup," ujar Didik dalam rilis yang diterima Parlementaria, Selasa (8/11/2022) seraya menyatakan perbaikan yang dilakukan Polri harus nyata, utuh, terintegrasi dan berkesinambungan dengan menertibkan dan menindak tegas setiap oknum anggota dan pimpinan yang terindikasi melakukan penyimpangan.

Politisi Fraksi Partai Demokrat itu berharap Kapolri segera menindaklanjutinya apalagi substansinya menyangkut integritas, profesionalitas dan akuntabilitas anggota dan institusi kepolisian sebagai penegak hukum. Mengingat, tandas Didik, sambung  jika tidak segera ditindaklanjuti, maka bisa berpotensi menimbulkan spekulasi yang liar sehingga bisa mempengaruhi soliditas anggota dan pimpinan Polri.

"Demikian juga bisa berpotensi mengoyak keadilan publik. Idealnya, jika Polri akan melakukan pemeriksaan maka meminta keterangan, klarifikasi dan konfirmasi seluruh pihak yang terkait ya harus dilakukan termasuk konfrontir,” pungkas Legislator Dapil Jawa Timur IX tersebut. (pun/aha)

( sumber : dpr.go.id )

Berita Lainnya

Nasional

Muslim Minta Pusat Masukkan Aceh dalam Target Investasi Nasional Tahun Ini

Nasional

Menpan RB Diminta Jelaskan Maksud Anggaran Kemiskinan Rp500 Triliun Habis untuk Rapat dan Studi Banding

Nasional

Legislator Harap Pertamina Dapat Tingkatkan Kinerja Positif tahun 2022

Nasional

Rizki Natakusumah Dukung Semangat Ratifikasi Konvensi Internasional Pelindungan dari Penghilangan Paksa

Nasional

Kehadiran Badan Pangan Nasional Diharapkan Dapat Atasi Mafia Pangan

Nasional

Banyak Program Pendidikan yang Baik Tidak Terdukung Anggaran

Nasional

Komisi V DPR: Bandara Perintis Sangat Mendesak Dibutuhkan Masyarakat

Nasional

FPD : Vonis nihil Benny Tjokro Bisa Merobek Rasa Keadilan?

Berita: Nasional - Muslim Minta Pusat Masukkan Aceh dalam Target Investasi Nasional Tahun Ini •  Nasional - Menpan RB Diminta Jelaskan Maksud Anggaran Kemiskinan Rp500 Triliun Habis untuk Rapat dan Studi Banding •  Nasional - Legislator Harap Pertamina Dapat Tingkatkan Kinerja Positif tahun 2022 •  Nasional - Rizki Natakusumah Dukung Semangat Ratifikasi Konvensi Internasional Pelindungan dari Penghilangan Paksa •  Nasional - Kehadiran Badan Pangan Nasional Diharapkan Dapat Atasi Mafia Pangan •  Nasional - Banyak Program Pendidikan yang Baik Tidak Terdukung Anggaran •  Nasional - Komisi V DPR: Bandara Perintis Sangat Mendesak Dibutuhkan Masyarakat •  Nasional - FPD : Vonis nihil Benny Tjokro Bisa Merobek Rasa Keadilan? •