3 Kementerian-Pemda Harus Sinergi Awasi SKB Seragam dan Atribut Sekolah

Senin, 08 Februari 2021 14:27

bramantyo 1

Anggota Komisi X DPR dari Fraksi Partai Demokrat Bramantyo Suwondo menyambut baik penerbitan Surat Keputusan Bersama (SKB) Tiga Menteri soal Seragam dan Atribut Sekolah Negeri. SKB ini mengatur kebebasan atribut keagamaan pada seragam sekolah karena merupakan hak individu setiap guru, murid dan tenaga kependidikan di seluruh daerah di Indonesia.

“Mengenai penerbitan SKB tiga menteri terkait seragam sekolah , saya mendukung dikeluarkannya SKB tiga menteri ini, karena kebebasan untuk menjalankan kepercayaan agama adalah hak masing-masing individu yang telah dijamin oleh konstitusi,” kata Bramantyo saat dihubungi, Jumat (5/2/2021).

Wakil Ketua Fraksi ini berharap, SKB 3 Menteri ini dapat diterapkan secara tegas dan baik, guna mendukung pengalaman belajar yang inklusif, serta menanamkan nilai-nilai keragaman dan toleransi di lingkungan sekolah.

“Keragaman merupakan ciri khas keunikan bangsa yang harus dijaga dan inklusivitas di sekolah harus dibina,” ujar legislator Dapil Jawa Tengah VI itu.

Oleh karena itu, Bramantyo meminta kepada 3 kementerian yang merilis SKB ini yakni, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Agama (Kemenag), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan pemerintah daerah (pemda) harus bersinergi dalam melakukan pengawasan (monitoring) dan evaluasi.

“Selanjutnya, sebagai mitra Kemendikbud, saya selaku anggota Komisi X DPR RI siap membantu untuk melaksanakan pengawasan dan menyosialisasikan keputusan ini di Dapil,” ucapnya. “Saya harap pihak sekolah harus responsif dan mematuhi keputusan ini,” harap Bramantyo.

Berita Lainnya

Nasional

Warga Kota Cirebon Butuh Mobil Ambulance, Bisa Datang ke MHK Foundation

Nasional

Nakes Keluhkan Pencairan Insentif, Anggota Komisi IX: Pemerintah Harus Segera Cairkan

Nasional

Demokrat: Doa SBY Sebagai Pesan ke Pemerintah Lebih Ekstra Selamatkan Nyawa Rakyat

Nasional

Politikus Demokrat: Masyarakat Mulai Ragu Komitmen KPK Berantas Korupsi

Nasional

Kunjungan Anggota DPR RI Komisi 6 Dr Ir E Herman Khaeron M.Si Di Desa Prajawinangun Wetan Kaliwedi Cirebon

Nasional

Anwar Hafid; Jangan Lagi Ada Air Mata untuk Tenaga Kesehatan Kita

Nasional

RI Masuk Daftar Merah Arab Saudi, Legislator : Perlu Konsistensi Penanganan Pandemi

Nasional

Muncul Tagar Tenggelamkan Demokrat, William Wandik: Dukungan Rakyat Ke Demokrat Terus Menguat

Berita: Nasional - Warga Kota Cirebon Butuh Mobil Ambulance, Bisa Datang ke MHK Foundation •  Nasional - Nakes Keluhkan Pencairan Insentif, Anggota Komisi IX: Pemerintah Harus Segera Cairkan •  Nasional - Demokrat: Doa SBY Sebagai Pesan ke Pemerintah Lebih Ekstra Selamatkan Nyawa Rakyat •  Nasional - Politikus Demokrat: Masyarakat Mulai Ragu Komitmen KPK Berantas Korupsi •  Nasional - Kunjungan Anggota DPR RI Komisi 6 Dr Ir E Herman Khaeron M.Si Di Desa Prajawinangun Wetan Kaliwedi Cirebon •  Nasional - Anwar Hafid; Jangan Lagi Ada Air Mata untuk Tenaga Kesehatan Kita •  Nasional - RI Masuk Daftar Merah Arab Saudi, Legislator : Perlu Konsistensi Penanganan Pandemi •  Nasional - Muncul Tagar Tenggelamkan Demokrat, William Wandik: Dukungan Rakyat Ke Demokrat Terus Menguat •