3 Kementerian-Pemda Harus Sinergi Awasi SKB Seragam dan Atribut Sekolah

Senin, 08 Februari 2021 14:27

bramantyo 1

Anggota Komisi X DPR dari Fraksi Partai Demokrat Bramantyo Suwondo menyambut baik penerbitan Surat Keputusan Bersama (SKB) Tiga Menteri soal Seragam dan Atribut Sekolah Negeri. SKB ini mengatur kebebasan atribut keagamaan pada seragam sekolah karena merupakan hak individu setiap guru, murid dan tenaga kependidikan di seluruh daerah di Indonesia.

“Mengenai penerbitan SKB tiga menteri terkait seragam sekolah , saya mendukung dikeluarkannya SKB tiga menteri ini, karena kebebasan untuk menjalankan kepercayaan agama adalah hak masing-masing individu yang telah dijamin oleh konstitusi,” kata Bramantyo saat dihubungi, Jumat (5/2/2021).

Wakil Ketua Fraksi ini berharap, SKB 3 Menteri ini dapat diterapkan secara tegas dan baik, guna mendukung pengalaman belajar yang inklusif, serta menanamkan nilai-nilai keragaman dan toleransi di lingkungan sekolah.

“Keragaman merupakan ciri khas keunikan bangsa yang harus dijaga dan inklusivitas di sekolah harus dibina,” ujar legislator Dapil Jawa Tengah VI itu.

Oleh karena itu, Bramantyo meminta kepada 3 kementerian yang merilis SKB ini yakni, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Agama (Kemenag), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan pemerintah daerah (pemda) harus bersinergi dalam melakukan pengawasan (monitoring) dan evaluasi.

“Selanjutnya, sebagai mitra Kemendikbud, saya selaku anggota Komisi X DPR RI siap membantu untuk melaksanakan pengawasan dan menyosialisasikan keputusan ini di Dapil,” ucapnya. “Saya harap pihak sekolah harus responsif dan mematuhi keputusan ini,” harap Bramantyo.

Berita Lainnya

Nasional

Ibas: Kelangkaan Pupuk Petani Jadi Persoalan Klasik dari Tahun ke Tahun

Nasional

Ibas Dorong Percepatan Vaksinasi Daerah Agar Belajar Mengajar Kembali Efektif

Nasional

Kawal Program BSPS, Ketua FPD DPR: Negara Bisa Kempes Sedikit Kantongnya, Rakyat Jangan

Nasional

Demokrat Kritik Kereta Cepat Pakai APBN: Rakyat Tak Butuh

Nasional

PD Minta Kader Jaga Keutuhan Partai: Musuh Kita Kubu Moeldoko

Nasional

BPOM dan Anggota Komisi IX DPR RI ZA Sosialisasi Obat dan Makanan di Merangin dan Pelepat Ilir

Nasional

Dua Tahun Jokowi-Ma’ruf Amin, Legislator Sebut Sektor Pertanian Masih Kurang Dapat Perhatian

Nasional

Benny K Harman Baca Langkah Yusril: Ingin Rebut Demokrat Secara Ilegal Atas Nama Hukum dan Demokrasi

Berita: Nasional - Ibas: Kelangkaan Pupuk Petani Jadi Persoalan Klasik dari Tahun ke Tahun •  Nasional - Ibas Dorong Percepatan Vaksinasi Daerah Agar Belajar Mengajar Kembali Efektif •  Nasional - Kawal Program BSPS, Ketua FPD DPR: Negara Bisa Kempes Sedikit Kantongnya, Rakyat Jangan •  Nasional - Demokrat Kritik Kereta Cepat Pakai APBN: Rakyat Tak Butuh •  Nasional - PD Minta Kader Jaga Keutuhan Partai: Musuh Kita Kubu Moeldoko •  Nasional - BPOM dan Anggota Komisi IX DPR RI ZA Sosialisasi Obat dan Makanan di Merangin dan Pelepat Ilir •  Nasional - Dua Tahun Jokowi-Ma’ruf Amin, Legislator Sebut Sektor Pertanian Masih Kurang Dapat Perhatian •  Nasional - Benny K Harman Baca Langkah Yusril: Ingin Rebut Demokrat Secara Ilegal Atas Nama Hukum dan Demokrasi •