Untitled Document Sabtu, 21 September 2019
Untitled Document
HOME | BERITA | STRUKTUR ORGANISASI | VISI-MISI | AGENDA | PROFIL ANGGOTA | GALERI FOTO | VIDEO | MAJALAH | LINK
Untitled Document

BERITA

Nasional | Internasional | Parlemen

6 September 2019 - Berita Nasional

Nurhayati Ali Assegaf : WPFSD 2019 Sukses Hadirkan Bali Roadmap


fraksidemokrat.org, Bali - Gelaran World Parliamentary Forum on Sustainable Development (WPFSD) 2019 resmi diakhiri  dengan diadopsinya kesepakatan Bali Roadmap. Kesepakatan yang diinisasi oleh DPR RI ini, merupakan perwujudan kebutuhan akan komitmen serta political will yang kuat dan petunjuk untuk membangun langkah konkret dalam mencapai Sustainable Development Goals (SDGs).

Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Nurhayati Ali Assegaf, menilai sukses kesepakatan Bali Roadmap sebagai sebuah outcome untuk pencapaian SGDs atau agenda Pembangunan Berkelanjutan 2030, salah satunya dengan slogan ‘leaving no one behind’ atau tidak seorangpun rakyat yang ditinggalkan.

“Alhamdulillah ini sukses yang luar biasa Untuk DPR RI tentunya untuk Indonesia yang sama-sama kita cintai. Saat ini, kita sudah berhasil memberikan kepada Indonesia, outcamedokumen yaitu Bali Roadmap untuk pencapaian SDGs atau agenda 2030,” kata Ketua WPFSD ini, seusai acara WPFSD 2019 di Badung, Bali, pada Kamis (5/9/2019).

Setidaknya, terdapat tiga hal yang menjadi substansi utama dalam dokumen kesepakatan Bali Roadmap, dimulai dari adanya pemenuhan hak-hak kebutuhan dasar manusia dengan tanpa terkecuali meliputi aspek kesehatan, pendidikan, perumahan yang layak, dan akses terhadap air bersih dan sanitasi. 

Tidak hanya itu, Bali Roadmap yang disepakati oleh seluruh peserta dari 150 delegasi dari 28 negara, untuk mendorong lokalisasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dengan mempertimbangkan konteks budaya dan kearifan lokal setempat. 

Selanjutnya, kesepakatan ini juga mendesak kemitraan dari berbagai pihak terutama pelaku usaha untuk menjawab tantangan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan seperti penyediaan akses pelayanan keuangan yang terbuka bagi semua pihak.

Yang istimewa dari forum parlemen sedunia yang telah memasuki tahun ketiga ini, juga dihadiri oleh Presiden Inter-Parliamentary Union (IPU) Gabriele Cuevas Barron. Selain itu, ia menyampaikan apresiasinya terhadap Indonesia terutama pelaksanaan WPFSD sebagai upaya nyata dalam mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

“Saya sangat bangga dengan apa yang diselenggarakan oleh BKSAP DPR RI bersama semua anggota parlemen dunia. Saya yakin bahwa forum ini bisa menjadi acara untuk menyusun banyak kerja sama, dialog internasional, dan tentu saja lebih banyak hasil yang bisa dibawa kembali ke daerah konstituen kita,” ungkap Gabriele.

Parlemen menduduki peran kunci dari implementasi SDGs. Menurut Senator asal Meksiko ini, seorang Anggota Dewan tidak bisa memikirkan bagaimana cara mengubah dunia dalam waktu 11 tahun, jika tidak mempunyai cara pandang yang lebih jelas tentang tanggung jawab seorang legislator dalam pencapaian Agenda 2030 Pembangunan Berkelanjutan.

“Masih banyak negara yang memiliki hukum yang diskriminatif, sehingga seluruh legislatif di setiap negara harus berkomitmen untuk ‘leaving no one behind’. Berkaitan dengan anggaran, langkah terbaik untuk memerangi semua permasalahan adalah dengan mengesahkan anggaran yang tepat sasaran. Sehinggga forum seperti ini dapat terus berlangsung sehingga berbagai negara dapat berbagi best practice telah mereka lakukan dalam pencapaian Pembangunan Berkelanjutan,” tutupnya. (Sumber : dpr.go.id/tim media fpd )





LINK WEBSITE

Website Kepresidenan & Wakil Presiden
Website Kementrian
Website Lembaga Tinggi Negara
Website Media
Website Organisasi Internasional

www.demokrat.or.id

DPP PARTAI DEMOKRAT

MEDIA SOSIAL FPD

Twitter: @FPD_DPR

Facebook: Fraksi Partai Demokrat
 

Copyright © Fraksi Partai Demokrat - 2019