Untitled Document Sabtu, 24 Agustus 2019
Untitled Document
HOME | BERITA | STRUKTUR ORGANISASI | VISI-MISI | AGENDA | PROFIL ANGGOTA | GALERI FOTO | VIDEO | MAJALAH | LINK
Untitled Document

BERITA

Nasional | Internasional | Parlemen

19 Juli 2019 - Berita Nasional

M. Nasir : Panja Limbah dan Lingkungan Komisi VII Sidak PT. Indofood di Ancol


fraksidemokrat.org, Jakarta - Ketua Panitia Kerja (Panja) Limbah dan Lingkungan Komisi VII DPR RI Muhammad Nasir didampingi Direktorat Jenderal (Dirjen) Penegak Hukum (Gakkum) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk, Ancol. Nasir ingin memastikan Undang-Undang (UU) Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup diterapkan dengan baik di perusahaan tersebut.

“Kita memastikan UU No. 32 tahun 2009 berjalan dengan baik di perusahaan ini. Kita ingin memeriksa proses limbah yang ada di perusahaan Indofood cabang Ancol ini dan kalau nanti ada kesalahan dan pelanggaran terhadap UU No. 32 tahun 2009, akan kita proses secara hukum perusahaan tersebut,” tegas Nasir usai memantau pengelolaan limbah di PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk, Ancol, Jakarta, Kamis (18/7/2019)

Politisi Fraksi Partai Demokrat ini khawatir dengan proses limbah dengan volume yang cukup besar yang dihasilkan perusahaan tersebut dan ia memastikan bahwasanya itu adalah limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3). Jika proses penelitiannya selesai dan perusahaan tersebut terbukti melanggar, Nasir mengatakan akan memberikan sanksi penyegelan dan penutupan perusahaan tersebut

Sementara itu, Direktur Pengaduan, Pengawasan dan Sanksi Adminitrasi Kementerian LHK Sugeng Priyanto mengambil sampel  hasil pengolahan limbah B3 dan menyegel lokasi yang diduga ada indikasi pelanggaran dari sisa hasil pengolahan pembuatan proses produksi.

“Ini sisa hasil pengolahan pembuatan proses produksi. Yang harus kita dalami, dikemanakan saja sisa produksi ini? Serta harus kita cek di laboratorium  apa saja kandungannya yang terdapat di limbah ini. Lokasi ini sudah disegel dan akan kita perdalam lagi, termasuk pihak ketiga yang mengelola limbah ini,” ujar Sugeng.

Sementara itu, dari pihak PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk, Ancol Widyarto menjelaskan bahwa perusahaan tersebut sudah tertib dan sesuai prosedur dalam melakukan pengolahan limbah. “Baru minggu kemarin kita didatangi oleh Kementerian LHK dan kita 4 kali dapat proper biru. Kita tunjukkan semuanya bahwa surat-surat (administrasi) kita lengkap dan kalau ada kelemahan langsung kita perbaiki,” pungkas Widyarto. (Sumber : DPR.go.id/ tim media fpd) 





LINK WEBSITE

Website Kepresidenan & Wakil Presiden
Website Kementrian
Website Lembaga Tinggi Negara
Website Media
Website Organisasi Internasional

www.demokrat.or.id

DPP PARTAI DEMOKRAT

MEDIA SOSIAL FPD

Twitter: @FPD_DPR

Facebook: Fraksi Partai Demokrat
 

Copyright © Fraksi Partai Demokrat - 2019