Untitled Document Rabu, 11 Desember 2019
Untitled Document
HOME | BERITA | STRUKTUR ORGANISASI | VISI-MISI | AGENDA | PROFIL ANGGOTA | GALERI FOTO | VIDEO | MAJALAH | LINK
Untitled Document

BERITA

Nasional | Internasional | Parlemen

18 Juli 2019 - Berita Nasional

FPD SETUJU RUU PENANGGULANGAN BENCANA MENJADI RUU USUL INISIATIF DPR


 
fraksi Demokrat.org, Jakarta - Indonesia berada di jalur gempa teraktif di dunia karena dikelilingi oleh Cincin Api Pasifik dan berada di atas tiga tumbukan lempeng benua, yakni, Indo-Australia dari sebelah selatan, Eurasia dari utara, dan Pasifik dari timur. Kondisi geografis ini menjadikan Indonesia sebagai wilayah yang rawan bencana letusan gunung api, gempa, dan tsunami. Penanggulangan bencana yang baik adalah yang mampu meminimalisir dampak bencana, dan sekaligus menyiapkan ketahanan masyarakat terhadap bencana. Untuk itu Fraksi Partai Demokrat berpandangan perlu adanya beberapa penekanan antara lain, yaitu perumusan dan penetapan kebijakan Penanggulangan Bencana yang terencana dan sistematis serta peningkatkan kapasitas pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan masyarakat dalam pelaksanaan kegiatan Penanggulangan Bencana secara terencana, terpadu, dan menyeluruh, karena itu Fraksi Partai Demokrat setuju agar RUU ini menjadi RUU inisiatif DPR RI.
Hal ini dinyatakan oleh Fraksi Partai Demokrat dalam pandangan yang di bacakan dalam Rapat Paripurna Selasa (16/7) oleh Muslim, SHI., MM, anggota Fraksi Partai Demokrat Dapil Aceh sebagai Juru bicara.
Fraksi Partai Demokrat juga berpendapat bahwa pengaturan yang komprehensif atas sistem penanggulan bencana nasional sangat diperlukan sehingga diperlukan kehadiran sebuah payung hukum yang kuat yang bertujuan memperbaiki Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, terutama pada saat pra bencana, saat bencana maupun pasca bencana. 
Fraksi Partai Demokrat berpendapat bahwa kehadiran RUU tentang penanggulangan bencana dimaksudkan untuk memastikan adanya kalkulasi, perlakuan serta kebijakan yang tepat atas persoalan-persoalan yang meliputi, antara lain, yaitu jumlah korban, termasuk perlakuan yang tepat pada korban yang selamat    serta pemulihan trauma pasca bencana, kerugian ekonomi, kerusakan prasarana dan sarana, cakupan luas wilayah yang terkena bencana serta dampak sosial ekonomi yang ditimbulkan.
Berdasarkan hal-hal yang disampaikan diatas, Fraksi Partai Demokrat berpandangan bahwa penyempurnaan Undang-Undang tentang Penanggulangan Bencana yang mampu menjawab tantangan dan dinamika zaman, merupakan sebuah keniscayaan yang tidak terhindarkan, dalam rangka melindungi segenap masyarakat, bangsa dan negara. Disaat yang sama penyempurnaan Undang-Undang ini diharapkan mampu memberikan kepastian hukum dalam mekanisme penanggulangan bencana yang lebih utuh dan komprehensif.  (BILA/MediaFPD) 




LINK WEBSITE

Website Kepresidenan & Wakil Presiden
Website Kementrian
Website Lembaga Tinggi Negara
Website Media
Website Organisasi Internasional

www.demokrat.or.id

DPP PARTAI DEMOKRAT

MEDIA SOSIAL FPD

Twitter: @FPD_DPR

Facebook: Fraksi Partai Demokrat
 

Copyright © Fraksi Partai Demokrat - 2019