Untitled Document Kamis, 12 Desember 2019
Untitled Document
HOME | BERITA | STRUKTUR ORGANISASI | VISI-MISI | AGENDA | PROFIL ANGGOTA | GALERI FOTO | VIDEO | MAJALAH | LINK
Untitled Document

BERITA

Nasional | Internasional | Parlemen

18 Juli 2019 - Berita Nasional

FPD Setuju RUU Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi (SISNAS IPTEK) Disahkan Dalam Rapat Paripurna


 fraksidemokrat.org, Jakarta - Fraksi Partai Demokrat Menyetujui Agar RUU Tentang Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi (SISNAS IPTEK) Disahkan Dalam Rapat Paripurna
Jakarta: Senin (15/7), dilakukan agenda Tahapan Akhir Pembicaraan Tingkat-I terhadap Rancangan Undang- Undang tentang Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (RUU Sisnas Iptek). Rapat Kerja Panja RUU Sinas Iptek dengan Kementerian Ristek dan Dikti RI juga dihadiri oleh Kementerian Dalam Negeri RI, Kementerian Keuangan RI, dan Kementerian Hukum dan HAM RI guna mendengarkan Pendapat Akhir Mini Fraksi DPR RI tentang RUU tentang Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Pendapat akhir Fraksi Partai Demokrat DPR RI ini disampaikan oleh salah satu anggota Panja Sinas Iptek, Putu Supadma Rudana dari Dapil Bali. 
Dalam pandangannya Fraksi Partai Demokat DPR RI mendorong undang-undang ini agar dapat memberikan terobosan baru dari wilayah hulu ke hilir di dalam konteks kreasi, inovasi, kolaborasi, inklusif, hak paten dan kekayaan intelektual, pendanaan berkelanjutan, komitmen, dan perlindungan terhadap pengembangan sumber daya manusia dan Iptek. Di dalam UU Sisnas Iptek ini diharapkan dapat menciptakan iklim budaya riset dan inovasi yang berkelanjutan dengan mengolaborasikan pilar dasar IPTEK di dalam meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat. Peningkatan dan kemajuan suatu bangsa tercermin di dalam kapasitas sumber daya ilmu dan pengetahuan yang memiliki pilar penting terkait dengan sumber daya manusia yang berkualitas, dukungan anggaran, lembaga riset yang terintegrasi dan mampu menjawab kebutuhan masyarakat dan perubahan zaman. UU SISNAS IPTEK juga diharapkan dapat menciptakan iklim budaya riset dan inovasi yang berkelanjutan dengan mengolaborasikan pilar dasar IPTEK dalam meningkatkan kualitas masyarakat.
 Fraksi Partai Demokrat DPR RI sejak awal terus mengawal dan mendorong kondisi dimana iklim IPTEK harus tumbuh dan berkembang dalam bingkai Sistem Inovasi dan Teknologi Nasional sebagai fondasi utama pembangunan nasional. Untuk itu di dalam mempercepat proses kemajuan bangsa, Fraksi Partai Demokrat DPR RI mengamanatkan untuk membuat Rencana Induk Pemajuan IPTEK sebagai acuan perumusan peta jalan pembangunan nasional jangka menengah dan panjang di masa kepemimpinan mendatang. Hal penting yang segera dilakukan yaitu menghimpun dan menyelaraskan keterkaitan antara kelembagaan riset daerah dan nasional di dalam seluruh institusi negara memiliki relasi yang memuat unsur penciptaan, pengkajian, perekayasan, dan penyebaraan hasil riset dan inovasi nasional dalam bentuk satu institusi atau lembaga riset dan inovasi nasional yang terintegrasi. UU Sisnas Iptek harus mampu melibatkan dan memperhatikan pelaku langsung di tingkat daerah dan mengidentifikasi dan mengembangkan potensi sumber daya di masing-masing daerah.
Dalam penutupnya, Fraksi Partai Demokrat DPR RI menyetujui RUU Sisnas Iptek untuk dibahas pada Pembicaraan Tingkat II di Rapat Paripurna DPR RI dan disahkan menjadi Undang-Undang tentang Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Sisnas Iptek). (Vira/MediaFPD) 




LINK WEBSITE

Website Kepresidenan & Wakil Presiden
Website Kementrian
Website Lembaga Tinggi Negara
Website Media
Website Organisasi Internasional

www.demokrat.or.id

DPP PARTAI DEMOKRAT

MEDIA SOSIAL FPD

Twitter: @FPD_DPR

Facebook: Fraksi Partai Demokrat
 

Copyright © Fraksi Partai Demokrat - 2019