Untitled Document Kamis, 15 November 2018
Untitled Document
HOME | BERITA | STRUKTUR ORGANISASI | VISI-MISI | AGENDA | PROFIL ANGGOTA | GALERI FOTO | VIDEO | MAJALAH | LINK
Untitled Document

BERITA

Nasional | Internasional | Parlemen

1 November 2018 - Berita Nasional

Afzal Mahfuz : Fraksi Partai Demokrat Soroti APBN 2019


fraksidemokrat.org. Jakarta – Sidang Badan Anggaran DPR RI tentang Penyusunan dan Pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, RAPBN Tahun 2019 memproyeksikan anggaran pemerintah pada tahun ke lima, Selasa (30/10/18). Dalam Keputusan Rapat Kerja Badan Anggaran DPR RI dengan Pemerintah yang diwakili Menteri Keuangan, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas dan Menkum HAM serta Gubernur Bank Indonesia disepakati terbentuknya 4 Panja, yakni Panja Asumsi Daerah,  Pendapatan,  Defisit dan Pembiayaan, Panja Belanja Pemerintah Pusat, Panja Transfer Daerah dan Dana Panja Draft RUU APBN TahunAnggaran 2019.

Menurut Komisi II Banggar DPR RI M Afzal Mahfuz, APBN 2019 harus hadir sebagai solusi kebijakan fiskal yang sehat, adil dan mandiri, disusun secara adil dengan menjaga keseimbangan antara pembangunan fisik dan sumberdaya manusia, antara pembangunan pusat dan daerah, serta penerapan system perpajakan yang adil.

‘’Dalam menyerap aspirasi dan memahami kondisi perekonomian saat ini yang berada dalam kesulitan. Pemerintah harus peka terhadap hal ini. Kita berharap pemerintah segera mengatasi persoalan ekonomi,’’ kata Afzal.

Ia juga mengingatkan, pemerintah harus mempersiapkan kontigensi plan terhadap berbagai kemungkinan yang terjadi pada tahun 2019, apabila indicator asumsi ekonomi makro meleset terhadap angka pertumbuhan ekonomi, nilai tukar rupiah, inflasi maupun kenaikan harga minyak dunia dan   program pro rakyat.

Banggar kemudian memutuskan bahwa pertumbuhan ekonomi di tahun 2019 ditargetkan sebesar 5,3 persen, begitu juga dengan inflasi yang sebesar 3,5 persen, tingkat suku bunga Surat Perbendaharaan Negara (SPN) tiga bulan sebesar 5,3 persen, harga minyak mentah Indonesia sebesar USD 70 per barel, dan lifting gas 1,25 juta barel setara minyak per hari.

Juga sepakati, postur RAPBN 2019 untuk dibawa ke Rapat Paripurna pada esok (31/10/2018). Berdasarkan kesepatan yang diperoleh antara Banggar dengan Menteri Keuangan, Kepala Bapenas dan Gubernur Bank Indonesia sejumlah postur tak mengalami perubahan berarti disbanding postur sementara yang sebelumnya telah disepakati. (adinda/intan/salsabila)

 

 

 





LINK WEBSITE

Website Kepresidenan & Wakil Presiden
Website Kementrian
Website Lembaga Tinggi Negara
Website Media
Website Organisasi Internasional

www.demokrat.or.id

DPP PARTAI DEMOKRAT

MEDIA SOSIAL FPD

Twitter: @FPD_DPR

Facebook: Fraksi Partai Demokrat
 

Copyright © Fraksi Partai Demokrat - 2018